Profil Kuntjoro Pinardi, Direktur PT PAL yang Resmi Mundur

Market - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
26 April 2021 14:52
Kuntjoro Pinardi (ist via LinkedIn)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah kabar mengejutkan datang dari PT PAL Indonesia (Persero). Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL Kuntjoro Pinardi memutuskan untuk mundur dari jabatannya per hari ini, Senin (26/4/2021).

Keputusan itu diambil hanya lima hari usai terbitnya Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero). Lantas, apa alasannya mengundurkan diri?

"Iya mas awalnya ada yang tanya-tanya terus tentang status saya di PKS, HTI, dan ISIS. Maka saya jawab tertulis dan akan lebih baik kalau saya mundur," ujar Kuntjoro kepada CNBC Indonesia.

Ia pun menyatakan desas-desus yang beredar di media sosial tidak benar. Keputusan pengunduran diri ini, menurut Kuntjoro, demi kebaikan program pembangunan Presiden Joko Widodo dan keberlangsungan usaha PT PAL.

"Saya mengundurkan diri atas initiatif sendiri. Semoga PT PAL lebih maju," katanya.

Lebih lanjut, Kuntjoro mengaku belum dapat menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara langsung di Kementerian BUMN.



"Saya pagi ini datang ke kantor (kementerian) BUMN tetapi tidak bisa diterima karena tanpa perjanjian dan tidak bisa meninggalkan surat juga," ujarnya.


Lantaran sedang pandemi Covid-19, Kuntjoro disarankan agar mengirimkan email pengunduran diri."Saya akhirnya mengirimkan email surat saya ke pak menteri melalui email kementerian sesuai saran dari edaran," kata Kuntjoro.

Seperti dikutip dari CV-nya, Kuntjoro merupakan ahli manajerial dan tata kelola pengembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Ia lahir di Bogor pada 30 Maret 1968.

Pendidikan sarjana dan magister teknik elektro ditempuh di Universitas Teknologi Delft BElanda. Sementara itu pendidikan doktor dijalaninya di Chalmers University of Technology Swedia.

Pengalaman kerja Kuntjoro beragam. Saat ini dia menjabat sebagai CTO-CMO Bahasa Kita, sebuah perusahaan yang bergerak dalam pengembangan teknologi informasi. Jabatan itu diembannya sejak 2018. Sebelumnya pada 2014-2016, Kuntjoro menduduki jabatan VP Sales and Marketing.

Pria yang tinggal di Kota Bekasi, Jawa Barat, itu juga pernah menjadi Komite Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan. Jabatan itu diduduki pada 2016-2018.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading