Catat, Jokowi Subsidi Bebas Ongkir, Ini Jadwal Harbolnas

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
24 April 2021 14:00
Tips Belanja Tepat dan Tak Terjebak Diskon Palsu Harbolnas

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah secara resmi menyatakan akan memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada H-10 dan H-5 Idul Fitri. Hal ini ditujukan untuk memajukan perekonomian nasional.

Dalam hari belanja itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah akan menggelontorkan dana untuk mensubsidi ongkos kirim (ongkir) pada pagelaran Harbolnas.

Ini berarti, jika Idul Fitri jatuh pada 13 Mei 2021, maka Harbolnas ini kemungkinan berlangsung pada Senin, 3 Mei 2021 (H-10) dan Sabtu, 8 Mei 2021 (H-5)


"Ongkos kirim ditanggung pemerintah melalui semua platform digital," kata Airlangga dalam konferensi pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (19/4/2021).

Harbolnas ini diprediksi akan membantu perkuatan ekonomi di tatanan rumah tangga dengan kenaikan konsumsi pada pada kuartal II-2021. Diskon ongkir juga merupakan hal yang dinanti bagi masyarakat yang ingin 'menghabiskan' tunjangan hari raya (THR) mereka mengingat larangan mudik yang masih diterapkan pemerintah.

Sementara itu untuk THR sendiri pemerintah memastikan penyaluran THR bagi pegawai swasta akan dibayarkan secara penuh. Waktu pembayaran THR paling lambat diberikan H-7 sebelum perayaan Idul Fitri.

"Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) juga akan membuat posko THR untuk memonitor," kata eks Menteri Perindustrian itu.

Untuk THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri, pencairannya diperkirakan pada akhir April ini atau awal Mei 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading