Terkuak! Ini Rencana Besar Grab di Emtek, Digital-Kesehatan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 April 2021 17:50
Dok: Grab

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Holdings Inc. (Grab) resmi menjadi pemegang saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek lewat H Holdings Inc yang menyerap saham baru saat Emtek menggelar Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Private placement ini dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2021. Adapun kepemilikan saham H Holdings Inc. di Emtek adalah sebesar 4,6%.

Titi Maria Rusli, Sekretaris Perusahaan Emtek, mengatakan latar belakang masuknya Grab ke perusahaan lantaran Emtek dan Grab banyak berinvestasi dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia.


Perseroan dan Grab juga telah beberapa kali berdiskusi untuk mengembangkan peluang bisnis baru.

"Ketika kami memutuskan untuk melakukan penerbitan saham guna mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis di sektor digital, media, dan layanan kesehatan, Grab menyatakan minatnya untuk berpartisipasi, yang pada akhirnya direalisasikan melalui investasi oleh H Holdings Inc," kata Titi, dalam jawaban kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (19/4/2021).

Sementara itu, Titi juga menjelaskan mengenai sinergi yang diharapkan dari transaksi masuknya Grab tersebut.

Dia memaparkan, hubungan yang lebih erat antara Grab dan Emtek diharapkan dapat menciptakan peluang untuk berinvestasi pada bisnis yang ada saat ini serta bisnis baru yang bersinggungan dengan kepentingan Emtek dan Grab.

"Hanya saja, tak ada dampak operasional atas terjadinya transaksi tersebut," katanya.

Dalam surat jawaban Emtek tersebut, BEI pun bertanya soal rencana bisnis induk usaha Indosiar dan SCTV ini dalam 3 tahun mendatang dengan masuknya Grab.

Titi pun menjelaskan, selama beberapa tahun terakhir, perseroan telah mengembangkan bisnis di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital.

Baru-baru ini Emtek juga telah melaksanakan penambahan modal (PMTHMETD) untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnis terutama di bidang-bidang tersebut.

Perseroan pun telah mengakuisisi saham pengendali di PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), pengelola Omni Hospitals, dan juga mendanai dan turut serta dalam, penerbitan saham baru di perusahaan tersebut untuk mendukung pengembangan bisnis dan mencapai target pertumbuhannya.

"Perseroan berencana untuk berinvestasi dalam pertumbuhan di bidang pelayanan kesehatan selama tiga tahun ke depan," katanya.

Perseroan juga memiliki ketertarikan terhadap penerbitan digital, platform streaming video, pembayaran uang elektronik, dan e-commerce.

"Berbagai bisnis digital tersebut masih berkembang dan membutuhkan modal selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan dan pertumbuhannya."

Dia melanjutkan, mengingat Emtek memiliki beberapa investasi strategis di ekosistem digltal, perseroan meyakini akan ada peluang baru dalam ekonomi digital yang dapat dimanfaatkan perseroan dengan menggunakan modal yang dihimpun melalui PMTHMETD.

"Tidak menutup kemungkinan peluang tersebut akan berkaitan dengan bisnis Grab, atau peluang baru yang dapat dikembangkan melalui kerja sama antara Grab dan perseroan," kata Titi.

"Selain yang telah kami ungkapkan dalam keterbukaan informasi, sepanjang pengetahuan perseroan tidak terdapat informasi/fakta/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perseroan serta dapat mempengaruhi harga saham perseroan yang belum diungkapkan kepada publik," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading