IHSG Bakal Menguat, tapi Transaksi Sepi & Asing Masih Jualan

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
09 April 2021 08:47
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada perdagangan menjelang akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih punya tenaga melanjutkan tren penguatan meskipun transaksi mulai menurun dan tekanan jual pelaku pasar asing.

Kamis kemarin, IHSG ditutup menguat 0,58% ke level 6.071,72 poin dengan nilai transaksi mencapai Rp 10,14 triliun dengan frekuensi sebanyak 1,12 juta kali. Pelaku pasar asing tercatat melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 500,91 miliar.

Pengamat pasar saham MNC Asset Management, Edwin Sebayang menilai, di tengah cukup sepinya perdagangan di Wall Street, salah satu hari perdagangan tersepi di tahun 2021 ini ditandai volume perdagangan dibawah 10 miliar lembar saham.


Namun, kemarin indeks DJIA berhasil ditutup menguat tipis sebesar 0,17% dan jika dikombinasikan dengan naiknya harga komoditas seperti minyak sebesar 0,35%, emas 1,06% dan nikel 1,14% , maka berpotensi menjadi katalis pendorong IHSG melanjutkan penguatannya dalam perdagangan Jumat ini.

"IHSG diperkirakan akan bergerak pada rentang 6.020 - 6.130," kata Edwin Sebayang, dalam risetnya, Jumat (9/4/2021).

Sementara itu, kebijakan pemerintah untuk meniadakan mudik Lebaran pada periode 6 sampai 17 Mei diperkirakan akan kembali memukul kinerja emiten transportasi, perhotelan, dan tempat wisata di tahun 2021 ini.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas, M, Nafan Aji Gusta Utama menyatakan, berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 6.027.60 hingga 6.114.21. Berdasarkan indikator, MACD masih menunjukkan sinyal negatif. Meskipun demikian, Stochastic dan RSI mulai berada di area netral.

"Di sisi lain, terlihat pola three advancing soldiers candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat ke depannya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading