Wow! Jadi Saudara Robinhood, Ajaib Grup Dapat Modal Rp 1,2 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 March 2021 14:05
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ajaib Group, perusahaan pemilik aplikasi investasi baru saja mendapatkan pendanaan senilai total US$ 90 juta (Rp 1,26 triliun, asumsi kurs Rp 14.000/US$) dari pendanaan Seri A. Nilai tersebut diklaim sebagai pendanaan terbesar di Asia Tenggara.

Dari nilai tersebut, sebesar US$ 65 juta atau kisaran Rp 910 miliar dipimpin oleh investor fintech ternama Ribbit Capital, investor yang sama dengan Robinhood, penyedia layanan keuangan dan juga borker saham online di Amerika Serikat. Ini merupakan investasi pertama Ribbit Capital di kawasan ini.

CEO Ajaib Group Anderson Sumarli mengatakan pendanaan ini berdampak pada penambahan kemampuan perusahaan untuk terus mengembangkan produk dan meningkatkan kapabilitas teknologi.


Selain Ribbit, investor lainnya yang terlibat dalam pendanaan ini adalah Y Combinator Continuity, ICONIQ Capital, Bangkok Bank PLC. Lalu ada investor lainnya yakni Horizons Ventures milik Li Ka-Shing, Softbank Ventures Asia, Alpha JWC Ventures dan Insignia Ventures.

"Beberapa pendiri fintech ternama, seperti David Velez dari Nubank dan SG Lee dari Toss juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan Ajaib Group kali ini," kata Anderson dalam siaran persnya, Senin (29/3/2021).

Untuk diketahui, ini merupakan pendanaan lanjutan dari perusahaan ini setelah pada Januari lalu Ajaib Group mengonfirmasi pendanaan pertama pada putaran Seri A senilai US$ 25 juta.

Managing Partner di Ribbit Capital Micky Malka mengatakan investasinya ini ditujukan untuk memberikan layanan investasi di Indonesia yang bisa disandingkan dengan perusahaan kelas dunia.

"Kita sedang menyaksikan revolusi investasi ritel yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ajaib berada di garis paling depan dalam revolusi ini dan mereka sedang membangun brand paling terpercaya di Indonesia. Komitmen mereka untuk menyediakan transparansi dan melayani investor milenial Indonesia dengan produk terbaik dapat disandingkan dengan perusahan-perusahan kelas dunia," jelasnya.

Saat ini Ajaib Sekuritas berada di posisi keempat broker saham di Indonesia dari nilai frekuensi transaksi dan mencapai 10 juta transaksi dalam empat bulan. Sekuritas ini memfasilitasi pembukaan akun secara online hanya dalam 5 menit, dengan minimum deposit nol rupiah, biaya transaksi terjangkau, dan akses ke analisa komprehensif secara gratis.

Untuk diketahui, Ribbit Capital berinvestasi pada fintech unicorn, seperti Coinbase, Affirm dan Revolut, juga memimpin pendanaan pada Robinhood senilai US$ 3,4 miliar pada bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading