Astaga! Centro Plaza Ambarrukmo Jogja Tutup Setelah 15 Tahun

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
18 March 2021 09:55
Centro

Jakarta, CNN Indonesia - Centro Department Store di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, resmi tutup mulai Rabu (17/3/2021). Jaringan ritel yang dikelola PT Tozy Sentosa. Jaringan ritel milik Parkson Retail Asia Ltd yang tercatat di Bursa Singapura, lewat PT Tozy Sentosa ini tutup setelah melayani masyarakat Yogyakarta selama 15 tahun sejak Plaza Ambarrukmo berdiri.

"Per hari ini [Rabu] sudah mulai tutup, hari terakhir bukanya kemarin," ucap salah satu anggota Customer Service Plaza Ambarrukmo dilansir CNNIndonesia, Kamis (18/3/2021).

Manajemen mal mengatakan penutupan Centro dilakukan usai toko menggelar diskon besar-besaran dalam beberapa hari terakhir.


"Kemarin sudah mengadakan sale habis-habisan, mungkin untuk habisi stok ya. Tapi penutupannya memang baru diinfokan satu hari sebelum," katanya.

Sebelumnya, informasi penutupan Centro Plaza Ambarrukmo beredar di media sosial Twitter melalui akun @JogjaUpdate. Dalam unggahannya, terlampir sebuah video yang diduga merupakan manajemen Centro.

"Kami seluruh karyawan Centro Plaza Ambarukmo mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Yogyakarta yang sudah menemani kami selama 15 tahun ini," tutur salah satu perwakilan manajemen dalam video tersebut.

[Gambas:Instagram]



Manajemen juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran manajemen Plaza Ambarukmo, jajaran direksi tingkat kantor pusat, dan lainnya.

"15 tahun kami berdiri di Jogja, kami bangga menjadi bagian dari Yogyakarta, kami bangga selalu bisa mensupport seluruh masyarakat Jogja," ucap karyawan lainnya.

Hingga saat ini belum terungkap apa alasan penutupan toko. 

Sebelumnya pada 31 Desember 2018, Centro Department Store di Plaza Semanggi juga sudah tutup setelah bekerjasama selama 15 tahun dan akhirnya tak memperpanjang masa sewa nya.

Manajemen saat itu menyatakan terjadi penurunan traffic dari tahun ke tahun. Hal ini pun diakui oleh Pelly Sianova, Senior Manager Advertising & Promotions PT Tozy Sentosa yang mengaku bahwa aksesibilitas yang selalu berubah juga salah satu alasan lainnya.

"Tentunya ada pertimbangan toko kita di sana tutup. Panjang traffic turun kelihatan berkurang. Diambil dari experiencenya sudah sepi. Dan bukan karena kalah bersaing sama online atau sama toko highend lain," kata Pelly kepada CNBC Indonesia, kala itu (29/1/2019).

Sebagai catatan, perjalanan Parkson Retail Asia Ltd di bisnis ritel Indonesia dimulai dengan mengakuisisi Centro Department Store pada 2011 di bawah PT Tozy Sentosa sebagaimana terungkap dalam situs resminya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wah! 6 Gerai Besar Matahari Tutup, Sahamnya Anjlok 4,4%


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading