Komentar Menteri Sandi Uno Soal KEK Lido Milik Hary Tanoe

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
11 March 2021 13:10
Groundbreaking Lido Music & Arts Center di MNC Lido City, Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menilai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Bogor, Jawa Barat bisa menciptakan peluang penyerapan sebanyak 21 ribu tenaga kerja baru.

Pasalnya, menurut Sandi, keberadaan kawasan ini bisa menjadi lokomotif untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat pada umumnya dan bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

"Saya mencatat, 21 ribu tenaga kerja langsung dan 84 ribu tenaga kerja tidak langsung yang akan dihasilkan," kata Sandiaga Uno, saat meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Lido Music & Arts Center di MNC Lido City, Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021).]


Selain serapan tenaga kerja baru, ia juga berpesan agar kawasan Lido bisa menampung karya ekonomi kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengenalan kebudayaan di Jawa Barat seperti pencak silat dan pembangunan tersebut bersifat inklusif untuk masyarakat di sekitarnya.

"Yang sangat penting bagaimana menyentuh masyarakat, saya berharap Lido Music and Arts bisa menampung anak muda Jabar," kata eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebagai informasi saja, Lido Music & Arts Center dimiliki oleh PT MNC Land Tbk (KPIG) yang dibangun di atas lahan seluas 5 ha dengan konsep amphitheater.

Saat ini Lido Music & Arts Center menjadi tempat festival musik dan seni outdoor terbesar di Indonesia dengan kapasitas lebih dari 50.000 pengunjung dalam satu acara.

Venue ini memiliki 4 panggung berbeda untuk mengakomodasi pertunjukan yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Pembangunan Lido Music & Arts Center ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021.

Sementara itu, menurut Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo kehadiran Lido Music & Arts Center di MNC Lido City diharapkan juga akan menjadi daya tarik bagi industri pariwsata domestik. Dan diharapkan pada 2024, Kawasan Lido mendatangkan sebanyak 3-4 juta pengunjung setiap tahunnya.

"Kalau bisa terwjuud akan bagus bagi Kabupaten dan Kota Bogor, Sukabumi, industri hotel dan kuliner. Mudah-mudahan ini bisa baik baik kita semua, seluruh stakeholder dan masyarakat sekitar," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading