Kendalikan 79% Saham, BJBR Resmi Suntik BJB Sekuritas

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 March 2021 20:17
Dok: bank bjb

Jakarta, CNBC IndonesiaPT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb resmi melakukan penyertaan modal kepada perusahaan efek (sekuritas) daerah pertama di Indonesia yakni PT BJB Sekuritas Jawa Barat.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari mengatakan pada 26 Februari lalu telah dilakukan pengefektifan dana setoran modal kepada anak perusahaan bank bjb yakni PT BJB Sekuritas Jawa Barat sebesar Rp 7,5 miliar.

"Penyertaan modal tersebut merupakan bagian dari modal disetor BJB Sekuritas Jawa Barat sebesar Rp 9,5 miliar," katanya dalam keterbukaan informasi di BEI, Selasa (2/3/2021).


Dengan demikian, maka dengan penyertaan modal tersebut kepemilikan saham bank bjb di BJB Sekuritas sebesar Rp 7,5 miliar dengan komposisi 78,95%.

Dengan dilaksanakannya penyertaan modal pada BJB Sekuritas, telah menjadikan bank bjb sebagai pemegang saham pengendali dengan porsi kepemilikan 78,95%.

Pada November tahun lalu bank bjb resmi mendirikan perusahaan efek daerah (PED) pertama di Indonesia bernama BJB Sekuritas Jawa Barat. Rencana dan persiapan pembentukan PED sekuritas yang telah digodok selama beberapa tahun belakangan ini akhirnya mendarat dengan diiringi optimisme menjelang penutupan tahun 2020.

Kepastian pendirian bjb Sekuritas ini diperoleh setelah bank bjb menerbitkan akta pendirian PT BJB Sekuritas Jawa Barat. Perseroan terbatas tersebut akan menjadi anak perusahaan bank bjb yang menaungi pengelolaan PED di Jawa Barat ini.

Lembar akta pendirian bjb Sekuritas diteken oleh Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, turut hadir pada November tahun lalu saat acara peresmian itu yakni Direktur Komersial dan UMKM Nancy Adistyasari, Direktur Utama Dana Pensiun bank bjb Sofi Suryasnia, dan Ketua 1 Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) bank bjb Toto Susanto beserta jajarannya selaku pemegang saham.

Yuddy Renaldi mengatakan pembentukan PED bjb Sekuritas ini merupakan tonggak baru dalam perkembangan bisnis perseroan. Pelebaran sayap usaha ini dilakukan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat berinvestasi saham khususnya di Jawa Barat yang semakin hari kian memperlihatkan antusiasme yang cukup tinggi.

"Bank bjb siap memfasilitasi aktivitas transaksi efek bagi masyarakat khususnya di Jawa Barat melalui kehadiran bjb Sekuritas. Aksi korporasi ini tentu saja didasari atas pertimbangan dan rencana yang sangat matang dengan memperhatikan geliat perkembangan transaksi efek dan peluang perluasan pemasaran yang tersedia. Lewat bjb Sekuritas, bank bjb juga hendak berkontribusi lebih nyata dalam mendongkrak literasi dan inklusi keuangan pasar modal yang bermuara pada tujuan optimalisasi potensi ekonomi melalui fasilitas pasar modal," kata Yuddy.

Langkah aksi korporasi ini menggenapi terobosan yang telah dilakukan bank bjb di sektor pemasaran efek hingga sejauh ini. Sebelumnya, bank bjb juga tercatat sebagai bank pembangunan daerah pertama yang ditunjuk sebagai administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Setelah efektif beroperasi, bjb Sekuritas nantinya akan melayani kegiatan transaksi berbagai efek anggota bursa untuk kepentingan sendiri dan pihak lain, pemasaran efek, pembiayaan transaksi efek, dan kegiatan lain sesuai dengan persetujuan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keberadaan PED pertama di Indonesia ini juga diharapkan bakal memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menekan praktik investasi bodong di tataran masyarakat. bank bjb memastikan bakal menjangkau calon investor dalam area seluas mungkin guna mengakomodasi kepentingan seluruh kelompok masyarakat untuk memanfaatkan pasar modal dan menjadi investor.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading