Mau Investasi Saham, Ayo Pelajari Sektor-sektor Ini

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
18 February 2021 15:53
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia- Analis NH Korindo Restu Pamungkas menyebutkan saat ini masih menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi di pasar saham, sehingga masih banyak perusahaan bagus yang memiliki valuasi rendah.

"Setiap 10 tahun ada krisis dan 2020 pandemi Covid-19 melanda indeks turun cukup dalam, dan akhir tahun indeks sudah rebound lagi, banyak harga saham yang valuasinya rendah jadi masih bagus," kata Restu dalam Investime CNBC Indonesia belum lama ini.

Meski di tengah pandemi menurutnya masih banyak sektor-sektor yang masih tumbuh seperti saham telekomunikasi, perbankan, consumer, dan konstruksi. Di sektor telekomunikasi termasuk tower dikontribusikan dari peningkatan penggunaan internet dan membuat sektor ini prospektif.


"Sektor telekomunikasi mendapatkan pendapatan yang selalu tumbuh dan pengguna data internet naik signifikan karena banyak bekerja dari rumah, sekolah dari rumah. Apalagi pemerintah membagikan subsidi pengguna data internet masing-masing emiten akan tumbuh prospek sektor telekomunikasi akan sangat cerah," katanya.

Selain itu dia menegaskan dalam memilih saham, jangan hanya memperhatikan dari rentang harganya, melainkan proyeksi bisnis perusahaan itu sendiri.

Untuk investor pemula pun dia menilai lebih baik pada perusahaan besar dan terdaftar di LQ45. Selain itu, investor juga menurutnya jangan hanya menilai dari harga saham perusahaan melainkan prospek dari perusahaan itu sendiri.

"Untuk pemula lebih baik mengedepankan proyeksi bisnis perusahaan itu sendiri jangan lihat di rentang harga, tetap bisnis perusahaan yang mau dibeli," ujar Restu.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading