Efek Lo Kheng Hong! Saham GJTL Terbang Lagi & Mau ARA Nih

Market - Putra, CNBC Indonesia
11 January 2021 09:51
Dok.Lo Kheng Hong

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) kembali melesat kencang setelahnama investor kawakan Lo Kheng Hong tiba-tiba muncul sebagai pemegang saham PT Gajah Tunggal Tbk(GJTL), yang dikendalikan oleh keluarga pengusaha Sjamsul Nursalim.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Lo Kheng Hong menggenggam 176,48 juta saham atau setara dengan 5,06% kepemilikan. Data ini muncul pada laporan KSEI pada Kamis (7/1/2020).

Sementara itu, pada hari sebelumnya, Rabu (6/1/2020) nama LKH belum muncul pada daftar kepemilikan GJTL di atas 5%. Hal ini mungkin terjadi, karena kepemilikan LKH sebelumnya masih di bawah 5% sehingga tak tercatat di laporan KSEI.


Terpantau harga saham GJTLmelanjutkan kenaikanya di hari sebelumnya dimana GJTL terbang 25%. Pada perdagangan hari ini GJTL kembali melesat pada pembukaan perdagangan.

Terpantau saat berita ini ditulis GJTL naik 22,42% ke level harga Rp 1.010/unit. Volume perdagangan juga terpantau sangat besar yakni 170 juta lembar dengan nilai transaksi Rp 165 miliar, kembali meningkat dari hari sebelumnya.

Meski melesat kencang secara valuasi saham GJTLmemang masih tergolong murah dengan valuasi nilai buku dibandingkan dengan harga pasar (PBV) sebesar 0,57 kali meskipun di tahun pandemi 2020 GJTL masih merugi sehingga metode valuasi laba dibanding dengan harga pasarnya (PER) tidak dapat dianalisis.

Sebelumnya, LKH memang berkali-kali menyebut harga GJTL salah harga, yang mencerminkan harganya yang cukup murah.

"Kalau tidak salah harga, saya tidak disini. Kalau Rp3000 saya tidak datang, tapi karena GJTL saat ini Rp600," kata LKH usai menghadiri paparan publik GJTL di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (12/12/2017), seperti dikutip dari lembaga riset reksa dana, Pasardana.

Lo Kheng Hong juga beberapa kali menyatakan investasi di perusahaan publik menjadi nilai tambah, karena menghasilkan produk maupun jasa yang hampir setiap kali dapat ditemui di kehidupan sehari-hari.

Contohnya, kata Kheng Hong, hampir semua orang tidak asing lagi dengan produkpersonal carePT Unilever IndonesiaTbk (UNVR). Produkfamiliar mieinstan seperti Indomie, juga mudah ditemui masyarakat yang diproduksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

"Berangkat naik Avanza mobil sejuta umat beli di ASII[Astra International], kacanya beli di Asahi, bannya di GJTL[Gajah Tunggal] atau Mulitistrada," paparnya pada pertengahan 2019.


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading