Saham Tesla

Elon Musk Resmi Jadi Orang Terkaya Sejagat, Ini Rahasianya!

Market - Lydna Hasibuan, CNBC Indonesia
08 January 2021 09:25
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk speaks during the National Governors Association Summer Meeting in Providence, Rhode Island, U.S., July 15, 2017. REUTERS/Brian Snyder/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kekayaan bos Tesla Inc sekaligus miliuner Elon Musk kini telah melampaui bos Amazon.com Inc, Jeff Bezos, dan akhirnya menjadi orang terkaya di dunia versi Bloomberg News.

Laporan Bloomberg Billionaires per Kamis (7/1) juga menyebut bahwa saham Tesla juga meroket dan mendapat keuntungan pada perdagangan Kamis di bursa Wall Street AS.

Musk, kini memiliki kekayaan bersih lebih dari US$ 188,5 miliar berdasarkan perhitungan harga saham pada pukul 10:15, Kamis waktu New York.


Nilai kekayaan itu lebih banyak US$ 1,5 miliar dibandingkan Bezos, yang telah memegang posisi teratas orang kaya sejagad sejak Oktober 2017.

Pada update Jumat pagi waktu Indonesia, kekayaan Musk mencapai US$ 195 miliar atau setara dengan Rp 2.730 triliun (kurs Rp 14.000/US$), naik US$ 13,6 miliar dari sebelumnya.

Di posisi kedua ada Bezos dengan kekayaan bersih US$ 185 miliar atau Rp 2.590 triliun, naik US$ 1,29 miliar dan ketiga Bill Gates senilai US$ 134 miliar.

Kekayaan pribadi Musk telah didorong oleh lonjakan saham Tesla lebih dari delapan kali lipat tahun lalu, yang membuat perusahaan ini menjadi pabrikan pembuat mobil paling berharga di dunia.

Pengusaha yang berada di belakang SpaceX itu sekarang menjadi orang terkaya di planet ini.

Pria berusia 49 tahun itu telah memperoleh manfaat dari peningkatan saham Tesla dengan lebih dari satu cara. Selain memegang 20% saham Tesla, dia juga memiliki sekitar US$ 42 miliar dari keuntungan opsi saham yang belum direalisasikan.

Data CNBC mencatat, pada penutupan perdagangan Kamis waktu AS, saham Tesla berkode TSLA di Bursa Nasdaq loncat 7,94% di posisi US$ 816,04/saham dengan volume 48,02 juta saham.

Secara year to date, saham Tesla naik 15,64% dan setahun terakhir perdagangan akumulatif sahamnya terbang 769,87%. Kapitalisasi pasar Tesla mencapai 760,4 miliar

Meski begitu The Forbes Billionaires List, mengatakan bahwa Musk masih jauh tertinggal dari Amazon Bezos sebesar US$ 7,8 miliar.

Forbes memiliki perkiraan yang lebih konservatif berdasarkan saham Tesla yang telah ia janjikan sebagai jaminan atas pinjaman pribadi. Untuk memperhitungkannya, maka ada penerapan diskon 25% untuk kepemilikan sahamnya, menurut laporannya pada November.

Musk, yang ikut mendirikan dan menjual perusahaan pembayaran Internet PayPal Holdings Inc, sekarang memimpin beberapa perusahaan paling futuristik di dunia.

Selain Tesla dan SpaceX, dia mengepalai perusahaan Neuralink, sebuah startup yang mengembangkan antarmuka mesin otak dengan bandwidth sangat tinggi untuk menghubungkan otak manusia ke komputer.

Dia mendirikan Perusahaan Boring untuk membuat terowongan yang terjangkau di bawah jalan-jalan kota yang sibuk untuk sistem transportasi umum serba listrik untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang parah di kota-kota AS.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading