Mari Sambut Tahun 'Bullish', Ini Saham Cuan Pilihan Hari Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
04 January 2021 08:35
Warga mempelajari platform investasi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (24/11/2020). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir di zona merah dengan pelemahan sebesar 0,94% ke level 5.979,07 poin pada penutupan perdagangan di penghujung tahun 2020, Rabu (30/12/2020) setelah ditransaksikan sebanyak 1,16 juta kali dengan nilai transaksi Rp 14,50 triliun.

Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih senilai Rp 76,07 miliar. Sedangkan, sejak awal tahun sampai dengan 30 Desember 2020, pelaku pasar asing mencatatkan aksi jual bersih Rp 47,81 triliun. Sejak awal tahun, IHSG masih terkoreksi 5,09%.

Memasuki tahun kerbau logam pada 2021, investor tampaknya mulai ambil ancang-ancang untuk berinvestasi di pasar saham domestik. Atmosfer perdagangan tampak optimistis di awal tahun karena ada harapan pandemicovid-19 berlalu dengan ditemukannya vaksin.


Kerbau merupakan binatang yang menjadi simbol dari gerakan bullish atau tren pasar saham menguat. 

Saham-saham yang banyak ditransaksikan pada perdagangan akhir tahun lalu antara lain, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT PP Tbk (PTPP), hingga PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Sebelum memulai perdagangan di awal tahun ini, Senin (4/1/2020) simak rekomendasi saham pilihan dari sejumlah broker yang dirangkum CNBC Indonesia:

1. MNC Sekuritas - Hari Pertama Perdagangan

Hari ini adalah hari pertama perdagangan di tahun 2021 setelah IHSG ditutup cukup memuaskan di tahun 2021 karena IHSG hanya turun -5.09% disertai net sell investor asing sebesar Rp -53.82 triliun di tengah cukup banyaknya kejadian dan peristiwa yang mengguncang IHSG dari mulai merebaknya Covid-19, Pilpres AS, resesi ekonomi hingga dugaan kasus korupsi yang menimpa beberapa institusi besar.

Selama bursa Indonesia tutup merayakan tahun baru, kondisi bursa global cukup kondusif di mana Dow Jones (DJIA) menguat sebesar 0,89% dan penguatan harga beberapa komoditas seperti: minyak dunia 0,87%, emas 0,96% dan timah 0,58% sehingga berpotensi menjadi katalis pendorong IHSG dalam perdagangan Senin ini.

Saham pilihan:

  • ICBP
  • AALI
  • SMCB
  • LSIP


2. Reliance Sekuritas - Wall Street di Jalur Positif

Senin ini jadi hari pertama perdagangan tahun 2021 dimulai di kawasan Asia. Beberapa katalis yang menjadi perhatian pasar antara lain, reli tanpa henti Bitcoin yang terus berlanjut dan menyentuh level US$ 34 ribu pada Minggu kemarin. Indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average ditutup pada level tertinggi sepanjang masa pada 31 Desember. Sebagian besar pasar di seluruh dunia tutup pada 1 Januari.

Sementara itu, mata uang dolar dibuka bervariasi terhadap mata uang negara G-10 lainnya saat perdagangan dimulai di Sydney. Pound turun ketika Inggris menghadapi penguncian yang lebih ketat untuk membendung pawai virus corona.

Saham pilihan:

  • ASII
  • UNVR
  • KLBF
  • JSMR

BERSAMBUNG KE HALAMAN BERIKUTNYA >>>

Siap Balik ke Level 6.000
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading