Berburu Saham Cuan Gokil Lagi, Ini Sederet Pilihannya

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
18 December 2020 09:04
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir pekan ini, Jumat (18/12/2020) masih berpotensi berbalik menguat. Hal ini ditopang oleh kelanjutan stimulus fiskal dan suku bunga yang rendah.

Sebelumnya, pada Kamis kemarin, 17 Desember 2020, IHSG melemah sebesar 0,08% ke level 6.113,38 poin dengan nilai transaksi mencapai Rp 21,88 triliun dengan frekuensi sebanyak 1,64 juta kali. Pelaku pasar asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 332,63 miliar.


Saham-saham yang banyak ditransaksikan kemarin antara lain, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Namun demikian, hari ini juga bertepatan dengan penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat yang bisa menjadi sentimen negatif bagi IHSG.

Sebelum memulai perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (18/12/2020) simak rekomendasi saham pilihan dari sejumlah broker yang dirangkum CNBC Indonesia:

1. CGS-CIMB Sekuritas - Kelanjutan Stimulus Fiskal

Kelanjutan stimulus fiskal dan suku bunga yang dipatok rendah saat ini membuat ekonomi dapat bergerak lebih fleksibel, harapan tertuju pada insentif pemerintah dan belaja pusat serta daerah untuk memulihkan daya beli/permintaan. Baik domestik dan global menjadi katalis positif untuk Indeks. IHSG diprediksi menguat pada perdagangan hari ini.

Saham pilihan:

  • AKRA
  • BMRI
  • JSMR
  • ADHI

2. OCBC Sekuritas - Bank Dunia Revisi Pertumbuhan Ekonomi

Sentimen hari ini dipengaruhi oleh proyeksi terbaru dari Bank Dunia yang merevisi ke bawah pertumbuhan ekonomi Indonesia dari minus 1,6% menjadi 2,2%. IHSG pada perdagangan akhir pekan ini diperkirakan akan bergerak pada level 6.047 - 6.153.

Saham pilihan:

  • BBCA
  • RALS
  • BSDE
  • PSAB

Bullish & Bearsih Saling Tarik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading