Bekas Dirut Telkom Direkrut Prabowo Jadi Pengurus KKIP

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
15 December 2020 14:38
Dirut Telkom Alex Sinaga (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan direktur utama PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) Alex Janangkih Sinaga diangkat menjadi salah satu pengurus dalam Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP).

Berdasarkan Keputusan Ketua Harian KKIP Nomor Kep/93/KKIP/XI/2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Komite Kebijakan Industri Pertahanan, Alex ditempatkan sebagai Ketua Bidang Kerjasama dan Pemasaran KKIP.

Posisi yang saat ini ditempati oleh Alex sebelumnya diisi oleh Yussuf Solichien, mantan Komandan Pangkalan Utama TNI AL.


Alex menjabat sebagai direktur utama di perusahaan telekomunikasi BUMN ini sejak Desember 2014 dan mengakhiri masa jabatannya berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom pada 24 Mei 2019. Kemudian posisinya ini digantikan oleh Ririek Adriansyah yang masih menjabat hingga saat ini.

Sebelumnya dikabarkan setelah menyelesaikan jabatannya di Telkom, Alex disebut-sebut akan memimpin PT PLN (Persero) namun kabar ini berlalu begitu saja.

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara 27 September 1961 itu memang mengawali kariernya di Telkom sejak 1997-1998 menjadi General Manager Telkom Malang.

Setelah itu, Alex menjabat General Manager Telkom Surabaya Barat (1998-1999), General Manager Telkom Jakarta Barat (2000-2002), Senior Manager Business Performance Divisi Regional II Jakarta (2002), Executive General Manager Divisi Fixed Wireless Network (2002-2005), dan Executive General Manager Divisi Enterprise Service (2005 - 2007).

Jadi, alumnus Sarjana Teknik Elektro Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung dan Master di bidang Telematika dari University of Surrey, Guildford-Inggris ini, memang produk asli binaan Telkom.

Pencapaian berikutnya terjadi pada 2012 ketika dia berhasil menjadi orang nomor satu di Telkomsel, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menjadi anak usaha Telkom, menggantikan Sarwoto Atmosutarno, hingga 2014.

Sebelum itu Alex terlebih dahulu diminta memimpin anak usaha Telkom lainnya yakni PT Multimedia Nusantara sebagai direktur utama (2002 - 2017).

Perusahaan yang kini dikenal sebagai TelkomMetra ini awalnya menjalankan bisnis penyelenggaraan TV berbayar (Pay TV), dan kini bertransformasi menjadi penyedia layanan Information, Media, dan Edutainment (IME).


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading