Bank BNI Raih Penghargaan The Best Corporate Communication

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
10 December 2020 20:28
The Best Corporate Communication PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) meraih penghargaan CNBC Indonesia Award 2020 dalam kategori "The Best Corporate Communication".

Apresiasi dari CNBC Indonesia ini diserahkan pada malam Penganugerahan CNBC Indonesia Award 2020 bertema "Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021" di Auditorium Menara Bank Mega Jakarta Selatan pada Kamis, (10/12/2020).

Dalam kajian dari Tim Riset CNBC Indonesia, Bank BNI mampu mengoptimalkan komunikasi internal ke karyawan mengenai penanggulangan Covid-19 dan komunikasi eksternal ke investor dan publik terkait kinerja mereka.


BNI sangat responsif menjawab pertanyaan dari investor, wartawan, maupun konsumen melalui Meiliana sebagai Sekretaris Perusahaan (Corporate Secretary) yang menjadi nahkoda divisi komunikasi dan keterbukaan informasi bank pelat merah tersebut.

Bagi jurnalis ekonomi dan bisnis, sosok Meiliana sudah sangat tidak asing, karena profilnya yang rendah hati dan komunikatif. Dia sangat mudah dikontak untuk mendapatkan konfirmasi pemberitaan, baik melalui sambungan telepon maupun aplikasi Whatsap.

Demikian juga bagi investor pemegang saham BNI yang senantiasa mendapatkan keterbukaan informasi berisi klarifikasi pemberitaan media massa. Sekitar 90% surat jawaban BNI atas permintaan klarifikasi dari BEI terkirim di hari yang sama dengan tanggal pengiriman surat BEI. Sangat responsif.

Sosok Loyal di Balik Komunikasi Prima

Meiliani yang tahun ini berusia 47 tahun tercatat mendedikasikan dedikasi dan loyalitasnya hanya kepada BNI, dengan bergabung di perusahaaan pelat merah tersebut sejak tahun 1997 sebagai Analis Kredit.

Pada 2010, Meiliana dipromosikan sebagai Manajer Taplus di divisi Product Development dan Assistant Vice President Corporate Branding. Pada tahun 2014, dia diangkat menjadi Wakil Pemimpin Divisi Marketing Komunikasi dan Vice President Corporate Communication and CSR (Corporate Social Responsibility) pada Desember 2016-Maret 2019.

Kepiawaian peraih gelar Magister di bidang Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini dalam menjalankan divisi komunikasi BNI menarik perhatian direksi, sehingga pada 22 Maret 2019 terbitlah Surat Keputusan Direksi No. KP/118/DIR/R yang menugaskan Meiliana menjabat sebagai Pemimpin Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan.

Kesigapan Meiliani menjawab kebutuhan investor akan informasi emiten teruji pada saat muncul kabar merger bank syariah anak usaha BUMN, yakni PT BRI Syariah Tbk (BRIS), PT BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri.

Aksi korporasi terbesar dalam sejarah industri keuangan syariah Republik ini memicu banyak pertanyaan seputar detil skema konsolidasi tersebut. Wajar saja, hasil merger akan berujung pada terbentuknya bank syariah dengan modal setara Bank Buku IV (di atas Rp 30 triliun).

Di antara bank-bank BUMN tersebut, hanya BNI Syarah yang secara khusus menyajikan laman berisi Ringkasan Rencana Penggabungan dalam situs mereka. Rencana penggabungan tersebut memicu lonjakan harga saham BRIS hingga 342% sepanjang tahun berjalan ke level Rp 1.460/saham.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bank Mega Mengubah Krisis Pandemi Jadi Cuan


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading