Demi Bisnis Jalan Tol, Gudang Garam Suntik Anak Usaha Rp 3 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
26 November 2020 07:36
PT. Gudang Garam (CNBC Indonesia/Houtman P Saragih)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten rokok, PT Gudang Garam Tbk. (GGRM), menambah modal anak usahanya yakni PT Surya Kerta Agung (SKA), dalam mendukung rencana perusahaan untuk ekspansi bisnis jalan tol.

Berdasarkan keterangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), GGRM bersama dengan PT Suryaduta Investama masing-masing dengan kepemilikan saham 99,9% dan 0,1% atas SKA, memutuskan untuk melakukan penambahan modal dasar pada SKA.

Modal dasar SKA yang sebelumnya sebesar Rp 500 miliar dinaikkan menjadi Rp 3 triliun dan modal ditempatkan dan disetor yang awalnya sebesar Rp 500 miliar dinaikkan menjadi sebesar Rp 1 triliun atau sebanyak 1 juta saham dengan nilai nominal Rp 1 juta per saham.


Dengan penambahan modal SKA tersebut, maka struktur modal dan kepemilikan saham SKA yakni GGRM memiliki sebanyak 999.999 saham SKA atau setara dengan Rp 999,99 miliar dan Suryaduta Investama memiliki sebanyak 1 saham setara dengan Rp 1 juta.

"Penambahan modal dasar dan modal ditempatkan dan disetor pada SKA dimaksudkan untuk mendukung rencana pelaksanaan proyek-proyek dalam bidang usaha SKA," kata Sekretaris Perusahaan Gudang Garam Heru Budiman, dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (26/11/2020).

"Penambahan modal dasar dan modal ditempatkan dan disetor SKA tidak memiliki dampak terhadap kegiatan operasional, hukum dan kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan," kata Heru.

Gudang Garam masuk ke bisnis jalan dengan dengan mendirikan cucu usaha, yakni PT Surya Kertaagung Toll (SKT). Pendirian Surya Kertagung Toll ini dilakukan pada 6 November 2020.

Surya Kertagung Toll adalah anak perusahaan SKA yang sahamnya dimiliki oleh Gudang Garam sebanyak 499.999 saham atau setara dengan 99,9%.

Hingga saat ini SKA belum memiliki konsesi jalan tol. Namun mengacu data Badan Pengatur Jalan Tol, Gudang Garam berencana membangun Tol Kediri-Tulungagung.

Rencana tersebut terungkap dari Kepala BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit. Ia mengutip data dari Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) Kementerian PUPR.

"Berdasarkan data di DJPI, PT. Gudang Garam mengajukan prakarsa jalan tol Kediri-Tulungagung," ungkap Danang kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/11/20).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading