Diborong! Belum 5 Menit Transaksi Saham Telkom Capai Rp 150 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
18 November 2020 09:11
Employees of Indonesia's largest telecommunications services company PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) work at Plasa Telkom building in Jakarta, April 30, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) bergerak naik ke zona hijau setelah sempat dibuka dari zona merah. Aksi korporasi anak usaha Telkom, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) masuk ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek menjadi pemicu aksi borong saham Telkom.

Dalam lima menit pertama perdagangan saham, harga saham Telkom terpantau naik 0,31% ke harga Rp 3.230/unit. Nilai transaksi saham perusahaan pelat merah ini sudah mencapai Rp 150,74 miliar.

Telkomsel benar-benarresmi menjadi salah satupemegang saham Gojekdengan menyuntik US$ 150 juta atau setara Rp 2,1 triliun (asumsi Rp 14.000/US$). Kerja sama ini sudah disepakati Senin kemarin (16/11/2020).


DirekturUtama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk(TLKM)Ririek Adriansyahbuka suara merespons kolaborasi lintas sektor antara anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB) aliasGojek. Ini akan mewujudkan target dari TelkomGroup untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

"Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia," jelas Ririek dalam siaran pers yang disampaikan, Selasa (17/11/2020).

Aksi korporasi ini, kata Ririek, merupakan bagian dari rencana Telkomsel melengkapi strategi transformasi dalam mengembangkan bisnis layanan digital, selain memperkuat kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talenta digital.

Ririekmengingatkan, Telkomsel punya tiga pilar digital dalam menjalankan bisnis, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital.

Setelah penandatanganan investasi ini, Telkomsel dan Gojek bakal berfokus pada pengembangan produk dan program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

Selain itu, juga akan dilakukan kolaborasi bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital untuk pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Selanjutnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

Investasi ini dilakukan Telkom ke Gojekdilakukanmelalui anak usahanya PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel dengan dana mencapai US$ 150 juta (Rp 2,17 triliun, asumsi kurs Rp 14.500/US$).

Direktur Utama Tekomsel Setyanto Hantoro mengatakan langkah ini dilakukan untuk mempertegas langkah perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

"Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, walaupun di saat kita masih menghadapi situasi penuh tantangan di tengah pandemi. Semangat kolaborasi, akan terus menjadi fondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia," jelas dia.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Groupmengatakan kolaborasi strategis dengan Telkomsel ini diharapkan dapat mengakselerasi ekonomi digital Indonesia ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog). Pasalnya saat ini ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market).

"Gojek selalu terinspirasi oleh para pemimpin industri teknologi kebanggaan Indonesia seperti Telkomsel. Investasi yang dilakukan Telkomsel menunjukkan adanya kepercayaan mendalam pada model bisnis platform Gojek, jangkauan luas ekosistem kami serta dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia. Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan," kata Andre dalam keterangan resminya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading