BRI Gencarkan Kolaborasi Edukasi Pengelolaan Keuangan

Market - dob, CNBC Indonesia
08 November 2020 19:06
dok: BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bersinergi menggencarkan kegiatan edukasi pengelolaan keuangan dan investasi bagi Milennials. Kegiatan yang bertajuk "Semarak Literasi Keuangan Investasi dan Proteksi Aman di Era New Normal" diselenggarakan oleh Wealth Management Bank BRI pada 3 - 10 November 2020.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa Webinar mengenai Literasi pengelolaan keuangan dan proteksi asuransi sejak dini. Bank BRI menggandeng Universitas Negeri dan Swasta ternama di 19 wilayah di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat serta mengedukasi Milennials dalam pengelolaan keuangan secara terencana yang tidak terbatas pada investasi melainkan juga mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan pribadi maupun bisnis.


Acara tersebut dibuka oleh Direktur Konsumer BRI Handayani dan mengundang berbagai narasumber profesional baik dari internal BRI, Influencer, serta Public Figure salah satunyadr. Reisa Broto Asmoro. Bank BRI juga menggandeng seluruh partner asuransi serta manager investasi yang profesional dan berpengalaman untuk bekerja sama dalam melakukan literasi keuangan tersebut kepada masyarakat luas.

EVP Wealth Management Division BRITina Meilina, mengungkapkan literasi keuangan masyarakat saat ini sangat minim, sehingga masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya mengelola keuangan. Padahal pengelolaan keuangan melalui Instrumen Investasi dan asuransi adalah hal yang tepat untuk pengelolaan keuangan di masa pandemi seperti ini, guna mengantisipasi ketidakpastian, ketahanan ekonomi dan memberikan proteksi atas risiko-risiko tak terduga.

Perencanaan keuangan harus di mulai sejak dini serta melakukan financial check-up secara berkala disesuaikan dengan bertambahnya jumlah tanggungan, ingin mengubah tujuan keuangan, adanya kebutuhan darurat, terjadinya perubahan pendapatan maupun lonjakan inflasi.

"Jadi harus mulai dipikirkan oleh para Milennials, mencari peluang untuk kita memiliki kesempatan pensiun di usia muda dan mencapai financial freedom. Saya yakin, dengan sedikit mengubah pola hidup, ini bisa dimulai. Investasi tidak usah ditunda-tunda, kalau kita mampu jajan pasti mampu berinvestasi," papar Tina.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Pemimpin Wilayah BRI Malang Rahman Arif menambahkan berinvestasi dan berasuransi menjadi penting bagi Milennials karena masih minimnya pengetahuan masyarakat dalam mengelola keuangan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai statistik penduduk lanjut usia, pada 2019 sekitar 79% ekonomi penduduk lansia itu ditopang rumah tangga lain yang bekerja. Sementara itu, 5,82% dari dana pensiun dan 0,67% dari dana investasi.

"Data itu menunjukkan dana untuk persiapan hari tua masih belum menjadi prioritas. Nah, tentunya diperlukan pemahaman perencanaan keuangan sejak dini dengan berinvestasi dan memiliki asuransi sesuai kebutuhan dan profil risiko dapat menjadi salah satu solusi masa depan yang aman dan nyaman di segala kondisi" jelas Rahman Arif.

Puncak acara akan diselenggarakan pada tanggal 10 November 2020 dan akan dilakukan pula Awarding dengan beberapa kategori yang disiapkan, yakni: The Highest Fee Based Income, The Greatest Creative Event, The Best Video, dan kegiatan hiburan lainnya seperti music performance, games dan penyerahan berbagai hadiah menarik lainnya bagi nasabah, investor, maupun pemegang polis produk BRI.

Pandemi Covid - 19 tidak menjadi halangan bagi Bank BRI untuk menyinergikan kegiatan literasi keuangan. Dengan diadakannya literasi keuangan secara terus-menerus, Bank BRI berharap agar industri Wealth Management di Indonesia semakin berkembang dan sejalan dalam menjaga ketahanan finansial masyarakat dari ketidakpastian situasi dunia saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading