Sst.. Burger King Minta Warga Pesan McD dkk Cuma Trik, Bener?

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
07 November 2020 11:15
burger king

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru baru ini di media sosial ramai restoran cepat saji Burger King mengimbau agar masyarakat membeli produk pesaingnya seperti McDonald's hingga KFC dan lainnya. Langkah ini ternyata menuai simpati luas netizen di tengah kesulitan bisnis restoran kena dampak pandemi covid-19.

"Tidak pernah terpikirkan oleh kami untuk meminta Anda melakukan ini, tapi semua restoran yang memiliki beribu karyawan membutuhkan pertolongan Anda saat ini," tulis Burger King yang diunggah di media sosialnya awal pekan ini.




"Jika Anda ingin membantu, tetap manjakan diri Anda dengan makanan lezat melalui pesan antar, takeaway, drive-thru. Menikmati Whopper (burger) pilihan yang terbaik, namun memesan Big Mac juga tidak ada salahnya."

Pemerhati marketing Yuswohady menanggapi aksi yang dilakukan oleh Burger King ini. Ia bilang apa yang dilakukan oleh Burger King bagian dari konsep word of mouth marketing alias pemasaran dari mulut ke mulut. Ia bilang apa yang dilakukan oleh Burger King sukses menarik simpati warga dan viral di media sosial.



"Dengan kampanye ini yang tadinya nggak lirik Burger King, sekarang jadi melirik, dampaknya buat Burger King mengangkat reputasi dan awareness," kata Yuswohady kepada CNBC Indonesia.

Ia bilang trik marketing semacam ini memang tepat dilakukan oleh perusahaan atau merek, untuk menarik simpati daripada strategi hard selling. Saat pandemi saat ini, strategi hard selling kurang tepat dilakukan seperti berjualan di pinggir jalan yang malah menurunkan reputasi dan belum tentu efektif. Justru yang dilakukan Burger King mencoba menarik simpati.

"Angle yang diambil pintar, anglenya kepedulian usaha untuk karyawan. Kepentingan brand dikesampingkan. Ini mestinya ini (restoran) harus dibeli, kalau dibeli karyawan restoran tak kena PHK," katanya.

Yuswohady mengatakan di AS strategi semacam ini sudah dilakukan sebelumnya. Strategi menarik simpati, kebalikan dari yang biasanya menyerang atau menyentil kompetitor.

Apakah juga akan berdampak pada penjualan?

"Efeknya adalah reputasi perusahaan, image yang membaik, kalau efek ke jualan tak dalam jangka dekat. Nggak langsung orang beli. Efek secara sales biasa saja tak akan hebat banget," katanya.

Menurutnya saat pandemi saat ini para merek memang harus membuat kreativitas yang unik atau tak biasa sehingga menjadi perhatian sampai viral meski efeknya hanya jangka pendek. Meskipun tak semua strategi untuk mencuri perhatian bisa mulus berhasil, tapi kali ini harus diakui Burger King mampu mencuri perhatian.

"Dari yang dilakukan oleh Burger King, saya melihat itu memang sengaja disiapkan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading