Aksi Jual Dolar AS Berlanjut Usai Pilpres, Rupiah Menguat?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
04 November 2020 18:27
Cover Headline, Pilpres AS, Trump-Biden

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah menguat 0,21% melawan dolar Amerika Serikat (AS) ke Rp 14.540/US$ pada perdagangan Rabu (4/10/2020). Di awal perdagangan, Mata Uang Garuda bahkan sempat menyentuh level Rp 14.480/US$, terkuat sejak 6 Agustus lalu.

Penguatan rupiah terjadi merespon hasil sementara pemilihan presiden AS yang menunjukkan keunggulan calon dari Partai Demokrat, Joseph 'Joe' Biden, dengan lawannya petahana dari Partai Republik, Donald Trump.

Penghitungan suara di AS masih berlangsung hingga saat ini. Setelah Pilpres usai, aksi jual dolar AS diperkirakan masih akan berlanjut, terlihat dari survei yang dilakukan Reuters.


Survei yang dilakukan pada 27 Oktober hingga 2 November menunjukkan sebanyak 29 dari 42 analis atau sekitar 70% mengatakan posisi jual (short) dolar AS masih akan tetap sama atau malah meningkat setelah Pilpres usai.

Selain itu, 39 dari 60 analis mengatakan pergerakan dolar AS akan lebih tergantung dari hasil Pilpres ketimbang penyebaran penyakit virus corona (Covid-19).

"Pergerakan dolar AS jelas tergantung dari hasil pilpres, tetapi yang terlihat adalah... ruang penguatan dolar AS yang sangat kecil, dan ketika itu terjadi, penguatan dolar AS akan dianggap sebagai peluang melakukan aksi jual," kata Steve Englander, kepala riset mata uang G10 di Standar Chartered, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (3/11/2020).

Sebanyak 25 dari 57 analis yang disurvei Reuters juga menyatakan dolar AS akan menguat seandainya Donald Trump terpilih kembali sebagai presiden.

Kemudian survei yang lebih terhadap lebih dari 70 analis mata uang menunjukkan dolar AS akan melemah melawan mata uang utama di tahun depan.

Aksi jual dolar AS yang diprediksi masih akan berlanjut tentunya bisa menguntungkan bagi rupiah. Tetapi, jangan buru-buru senang, sebab Pilpres AS saja masih belum usai, ada kemungkinan masih ada proses panjang.

Ada Risiko Kisruh Pilpres AS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading