Round Up Sepekan

Gokil! Dalam 5 Hari Perdagangan, 6 Saham Ini Cuan di Atas 20%

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
24 October 2020 12:00
Laju bursa saham domestik langsung tertekan dalam pada perdagangan hari ini, Kamis (10/9/2020) usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan akan memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin pekan depan.

Sontak, investor di pasar saham bereaksi negatif. Indeks Harga Saham Gabungan anjlok lebih dari 4% ke level 4.920,61 poin. Investor asing mencatatkan aksi jual bersih Rp 430,47 miliar sampai dengan pukul 10.18 WIB.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta,CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pekan ini ditutup terapresiasi tipis 0,17% di level 5.112,18. Indeks acuan pasar modal Tanah Air memang sedang memasuki fase konsolidasi di level 5.100 sejak pekan lalu.

Sepinya sentimen penggerak pasar terutama secara domestik memang membuat IHSG sering bergerak menyamping. Sementara itu dari pasar global sentimen penggerak pasar hanya dari tarik ulur stimulus fiskal untuk menanggulangi dampak Covid-19 di Amerika Serikat.

Meskipun IHSG hanya mampu naik tipis, namun ternyata banyak pula saham yang mampu terbang tinggi sampai puluhan persen. Simak tabel berikut.


Kenaikan tertinggi sendiri dibukukan oleh saham PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA) yang harga sahamnya berhasil melesat 86,79% selama sepekan terakhir. Meskipun terbang ternyata kenaikan JAWA tidak disertai dengan volume perdagangan yang besar serta kapitalisasi pasar perusahaan tergolong kecil yakni hanya Rp 373 miliar sehingga harganya mudah digiring (cornering) oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya ada saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang juga terbang 24,39% selama sepekan dampak dari aksi korporasi perusahaan induk usaha rumah sakit OMNI Hospitals ini. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana mengakuisisi seluruh saham perusahaan rumah sakit PT Elang Medika Corpora (EMC) senilai Rp 1,25 triliun.

Untuk memuluskan rencana ini maka perusahaan akan melakukan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Selanjutnya terdapat pula emiten properti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) yang berhasil melesat 24,17%. Salah satu sentimen bagi saham-saham properti, termasuk pusat perbelanjaan adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi yang mulai dilonggarkan.

Pemprov DKI Jakarta juga sudah menerbitkan izin operasi tiga bioskop, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengunjung. Syarat yang harus dipenuhi adalah batasan usia maksimum yang boleh ke bioskop adalah usia 60 tahun.

Selain itu rilis data prapenjualan alias marketing sales emiten properti kelas kakap yang berhasil naik di kuartal ketiga 2020 ini dan berhasil melewati titik nadirnya pada kuartal kedua 2020 setelah terserang virus corona juga berhasil melesatkan sektor properti.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading