Dear Mr Trump, Stimulus Jadi Nggak? Ditunggu Sama Rupiah Nih

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
23 October 2020 09:15
Ilustrasi Rupiah dan dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Masih belum jelasnya nasib stimulus fiskal di Negeri Paman Sam membuat dolar AS punya tenaga untuk menekan mata uang Asia, termasuk rupiah.

Pada Jumat (23/10/2020), US$ 1 dihargai Rp 14.650 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Seperti kemarin, hingga hari ini laju penguatan dolar AS belum terbendung. Pada pukul 07:21 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama) menguat 0,12%.


Investor masih memasang mode main aman karena menunggu nasib stimulus fiskal di AS. Di satu sisi, ada kabar baik di mana pemerintah dan Kongres disebut-sebut sudah hampir mencapai kata sepakat soal stimulus fiskal bernilai US$ 2 triliun. Naik dibandingkan proposal awal pemerintahan Presiden Donald Trump yaitu US$ 1,8 triliun, tetapi masih di bawah usulan kubu oposisi Partai Demokrat yakni US$ 2,2 triliun. Jalan tengahnya ya US$ 2 triliun.

"Saat ini adalah momentum yang paling optimistis bagi kami untuk mencapai kesepakatan," tegas Alyssa Farah, Juru Bicara Gedung Putih, sebagaimana diwartakan Reuters.

Masih Ada Perbedaan Soal Stimulus Fiskal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading