Jangan Kaget! Ini Dia Investor Penguasa Pasar Saham RI

Market - Syarizal Sidik, CNBC Indonesia
19 October 2020 10:08
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam acara Capital Market Summit and Expo 2020 (CMSE 2020). (Tangkapan Layar Youtube Indonesia Stock Exchange)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan saat ini investor ritel mengusai transaksi di pasar saham.

Investor ritel mampu menguasai 73% dari retata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Ada 3 hal yang akan kami sampaikan meskipun kita bangga dan puas dengan kinerja pasar modal yang akhir-akhir ini menggeliat lagi," kata Wimboh Santoso saat Pembukaan Capital Market Summit and Expo 2020 di Jakarta, Senin (19/10/2020).


"Dan juga basisnya sudah semakin besar [untuk] investor ritel. Di mana ada beberapa angka yang kami sampaikan, bahwa 73% transaksi pasar saham adalah transaksi [investor] ritel, dan ini merupakan transaksi paling banyak 5 tahun terakhir," katanya.

Wimboh menambahkan, situasi pasar saham Indonesia sudah mulai bergairah kembali dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah berada di level 5.000.

Covid-19 sempat membuat IHSG drop ke level terendah tahun ini di 3.997 pada 24 Maret 2020.

Namun, tambah Wimboh, investor tetap harus waspada dan momentum yang ada sekarang tidak disia-siakan agar pasar modal bisa lebih dalam.

"Untuk itu kami ingin sampaikan dalam ranan Capital Market Expo ini, kami ingatkan kembali upaya extraordinary dilakukan bersama dengan tema pasar modal untuk semua," kata Wimboh.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading