Round Up Sepekan

Ada Anomali Harga Emas Antam dan Dunia Nih Pekan Ini

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
19 September 2020 14:00
Emas (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas di pasar dunia menguat sepanjang pekan ini, menyusul tren bank sentral negara maju menahan suku bunga acuan di level rendah yang memicu pelemahan dolar AS dan inflasi. Namun, harga emas di pasar nasional justru melemah.

Harga emas dunia naik 0,42% atau US$ 8,2 per troy ons sepekan ini ke US$ 1.949,7 (Rp 28,92 juta per troy ons, atau setara Rp 930.063/gram). Di dalam negeri, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada periode yang sama justru melemah 0,1% (Rp 1.000/gram) ke Rp 1.030.000.

Berdasarkan data harga Logam Mulia gerai Jakarta di situs logam mulia milik Antam per Jumat, harga tiap 1 gram emas Antam pada Jumat tersebut tidak berubah alias flat dari posisi harga sejak Rabu.


Harga emas Antam 100 gram juga flat di level Rp 97.212.000/batang. Per gram harganya setara dengan Rp 972.120. Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam.

Kenaikan harga emas sebagai aset lindung nilai di pasar global terjadi di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang resmi melampaui angka 30 juta di seluruh dunia, merenggut 946.000 jiwa. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengingatkan adanya "situasi yang sangat serius" di Eropa menyusul lonjakan kasus.

Di tengah perkembangan itu, muncul ketidakpastian seputar pengembangan vaksin di AS, yang membuyarkan harapan bahwa ekonomi Negara Adidaya akan cepat pulih. Sebelumnya, Presiden Donald Trump menyebutkan bahwa vaksin dapat didistribusikan di AS mulai Oktober.

Namun pernyataan berbeda datang dari Center for Disease Control & Prevention (CDCP) yang mengatakan kepada parlemen bahwa vaksinasi hanya akan dilakukan kepada sedikit orang tahun ini dan tak akan didistribusikan meluas untuk enam sampai sembilan bulan.

Di Indonesia harga emas Antam sedikit melemah setelah sempat menguat pada level Rp 1,037 juta per gram pada Rabu. Namun, pelemahan itu baru terjadi setelah harga logam mulia sempat flat selama tiga hari.


TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading