Resmi Jadi Deputy CEO BUMI, Siapa Aga Bakrie?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
16 September 2020 16:55
Aga Bakrie/dok.Jungle Series Foto: Aga Bakrie/dok.Jungle Series

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bumi Resources Tbk (BUMI) resmi menyetujui pergantian direksi dan komisaris perusahaan. Generasi ketiga keluarga bisnis Grup Bakrie, Adika Nuraga Bakrie atau Aga Bakrie, diamanahi jabatan sebagai Deputy CEO sekaligus Direktur BUMI.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Luar Biasa (RUPSLB) ketiga digelar pada Rabu ini (16/09/2020). Sebelumnya RUPSLB Kedua yang dilakukan pada 23 Juli 2020 untuk mata acara kedua dalam RUPSLB Kedua tidak memenuhi persyaratan kuorum kehadiran.

RUPSLB yang berlangsung di Jakarta ini membahas perubahan dan penetapan kembali susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan. Agenda ini dilakukan terkait adanya pengunduran diri Presiden Komisaris.


Aga Bakrie/dok.ANTVklik, Instagram Anindya BakrieFoto: Aga Bakrie/dok.ANTVklik, Instagram Anindya Bakrie
Aga Bakrie/dok.ANTVklik, Instagram Anindya Bakrie

Lantas siapa Aga Bakrie?

Berdasarkan situs resmi Jungle Series (PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk/JGLE) yang juga dikutip ANTVKlik miik Grup Bakrie, disebutkan bahwa Aga Bakrie merupakan anak tertua dari Nirwan D. Bakrie, adik dari pengusaha dan politisi Aburizal Bakrie, generasi kedua dari Grup Bakrie yang didirikan Achmad Bakrie, pengusaha nasional asal Lampung.

Aga disebutkan lahir di Jakarta, 14 Desember 1981 atau mendekati 39 tahun pada Desember mendatang. Dia bersama 10 cucu dari generasi ketiga keluarga Bakrie juga disebutkan telah mengendalikan sejumlah bisnis keluarga.

Di Graha Andrasentra Propertindo (GAP) atau pengelola Jungle Land, Aga menjabat komisaris sejak November 2017. GAP didirikan tahun 1998 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham JGLE.

GAP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan taman rekreasi di Indonesia. GAP juga mengembangkan berbagai proyek properti terkait untuk mendukung bisnis utamanya dan memanfaatkan kenaikan nilai tanah di area sekitar tempat taman wisata yang dimiliki.

"Proyek utama GAP meliputi taman wisata tematik, taman wisata air dan taman hiburan, yang berlokasi di daerah-daerah strategis di area Jabodetabek, terutama di Sentul dan Kota Bogor," tulis situs resmi GAP.

Selain menjadi Komisaris JGLE, lulusan dari Bentley College, Boston AS pada 2005 ini juga enjabat sebagai Komisaris PT Bakrie Sumatera Plantation Tbk (UNSP) sejak tahun 2015, dan PT Bakrie Capital Indonesia sebagai Direktur sejak tahun 2013.

Dia juga pernah menjabat di GAP sebagai Direktur (2015-2017), PT Jungleland Asia sebagai Direktur (2015-2016), GAP sebagai Chief Business Development Officer (2014 - 2015), PT Semesta Marga Raya/Bakrie Toll Road, sebagai Deputy Chief Financial Officer (2009 - 2012), PT Kaltim Prima Coal, sebagai Manager (2008), PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), sebagai Investment Specialist (2007 - 2014), PT Bumi Resources Tbk, sebagai Investor Relations (2007), Capital Managers Asia, sebagai Analyst (2005 - 2006).

ANTVKlik juga menyebutkan, adiknya, Adhika Andrayudha Bakrie juga menjadi direksi pada perusahaan sawit Grup Bakrie, Bakrie Sumatera atau UNSP.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading