Kisah Ahmad Al-Neama, CEO Indosat Hadapi Covid-19

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
15 September 2020 12:52
Ahmad Al-Neama, CEO Indosat. Dok: Indosat

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz Al-Neama memilih tetap tinggal di Jakarta saat Covid-19 masuk ke Indonesia. Dia mengaku berat berpisah dengan keluarga di kampung halamannya di Doha, Qatar demi mendukung rekan kerja dan koleganya.

"Tentu saja berat rasanya untuk terpisah dari keluarga sendiri di saat sulit seperti ini. Namun keluarga Indonesia saya lebih membutuhkan dukungan saya agar kami bisa melewati krisis ini bersama," ujarnya.

Ahmad Al-Neama ditunjuk untuk memimpin Indosat, sejak Agustus 2019 lalu. Segera setelah pemerintah mengkonfirmasi kasus Covid-19 pertama pada pertengahan Maret, Ahmad langsung mengimplementasikan kebijakan Work from Home (WFH) pada 16 Maret silam untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawannya.


Bahkan dia juga mengirimkan paket kesehatan yang dikirimkan ke masing-masing rumah karyawan dan juga beberapa kali memberikan dukungan finansial untuk mendukung work from home di masa yang penuh ketidakpastian seperti saat ini. Dia juga terus memastikan bahwa dirinya dan seluruh timnya selalu terhubung untuk menjaga produktivitas dan kinerja meski jauh dari tempat kerja.

"Karyawan Indosat Ooredoo selalu menjadi keluarga saya sehingga saya harus memastikan kesejahteraan dan pengembangan diri mereka sebagai prioritas. Hal ini selalu menjadi bagian dari fokus strategi perusahaan," ujarnya.

Kondisi ini membuatnya terdorong untuk memperkenalkan program terbaru khusus bagi karyawannya. Program tersebut berupa pelatihan dan pengembangan untuk mempersiapkan generasi penerus Indosat Ooredoo agar keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan bisa terus diasah sesuai dengan perkembangan terkini.

Dirinya terlibat langsung sebagai coach di tim kerja antar departemen (task-force) bernama Road to Victory Squad yang bertujuan untuk membawa perusahaan ke tujuan utama, yaitu menjadikan Indosat Ooredoo sebagai pemimpin di industri telekomunikasi Indonesia.

Fokus pada karyawan tersebut terbukti berbuah manis lantaran Indosat Ooredoo baru saja menerima penghargaan sebagai salah satu "Best Companies to Work for in Asia 2020" oleh HR Asia.

Berdasarkan survei internal perusahaan, sebanyak 82% dari total pegawai merasa senang saat work from home, meski terus dibombardir berita buruk tentang penyebaran Covid-19. Tak hanya kepada karyawannya, dia juga menunjukkan kepeduliannya terhadap Indonesia.

Melalui berbagai kampanye, Ahmad berkomitmen membantu mewujudkan cita-cita Indonesia untuk membangun ekonomi digital, sesuai dengan agenda pemerintah. Diantaranya melalui Developer Challenge yang merupakan program beasiswa untuk programmer muda, developer muda dan Program Internet1O1. Sebagaimana diketahui, Internet101 merupakan kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia, khususnya di wilayah pedesaan.

"Kami dengan bangga berpartner dengan GSMA dan Facebook untuk program Internet1O1 dengan memfasilitasi 500.000 pelatihan untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia dan menutup jurang literasi internet," ujarnya.

Adapun bentuk komitmen yang dilakukan Indosat Ooredoo terkait dengan dunia digital ini diwujudkan melalui dukungan kemitraan Indosat Ooredoo dengan Google, guna membantu warga Indonesia terus terhubung secara digital. Indosat Ooredoo juga membangun kemitraan bersama Snapchat dengan menawarkan paket data spesifik yang bisa digunakan untuk aplikasi sosial media tersebut.

Inisiatif dan kolaborasi ini tak hanya didorong semangat Ahmad di bidang teknologi, tapi juga keyakinannya pada potensi sektor telekomunikasi Indonesia. Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi yang solid, pertambahan pengguna internet, dan perkembangan ekonomi digital yang cepat menunjukkan kesempatan besar sektor telekomunikasi untuk tumbuh.

Ahmad melihat bahwa sektor ini akan memegang peranan kunci untuk membantu Indonesia memaksimalkan potensinya. Terakhir dia juga menekankan bahwa akan selalu membantu dan mendukung upaya pemerintah untuk bersama-sama menghadapi pandemi dan bangkit bersama memajukan Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading