Ada Produsen Alat Rumah Tangga IPO, Jual 500 Juta Saham Nih

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
14 August 2020 11:19
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia, Jumat 28/2/2020 (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan industri peralatan rumah tangga, PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk, berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Dalam prospektus yang disampaikan, Jumat (14/8/2020), perseroan berencana menawarkan sebanyak 500 juta saham baru atau setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Belum ditetapkan harga penawaran umum perdana saham perusahaan yang pabriknya berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat ini. Namun nilai nominal saham perseroan sebesar Rp 100/saham.


Dari aksi korporasi ini, perseroan berencana menggunakan dana IPO sebesar 55% untuk perluasan area pabrik. Sekitar 15% untuk pengembangan kegiatan pemasaran, 10% untuk pengembangan infrastruktur teknologi operasional, dan masing-masing sebesar 6% untuk pengembangan kegiatan penjualan dan pembelian mesin injeksi.

Adapun, sisanya sekitar 15% untuk modal kerja entitas anak, PT Selaras Donlim Indonesia.

Masa penawaran awal dijadwalkan 14-26 Agustus 2020. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan diperkirakan pada 31 Agustus 2020. Tanggal penjatahan dijadwalkan 2 September 2020 dan pencatatan saham di BEI pada 7 September mendatang.

Perseroan menunjuk CIMBĀ Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Selain itu, perseroan juga mengadakan program ESA (employee stock allocation) dengan mengalokasikan saham sebanyak-banyaknya 10% dari saham yang ditawarkan dan menerbitkan opsi saham untuk program MESOPĀ (Management Stock Option Program) sebanyak-banyaknya 3% dari saham yang ditawarkan.

Sebagai informasi saja, sudah ada sebanyak 35 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI sepanjang tahun 2020. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) menjadi emiten ke 35 yang listing pada 10 Agustus 2020 dan dicatatkan di papan pengembangan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading