Sstt..Erick Thohir Sebut Ada Surprise Jokowi di 2021, Apa ya?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 July 2020 15:33
Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian staisun terpadu Tanah Abang, Rabu (17/6/2020) (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki kejutan untuk rakyat Indonesia di awal 2021. Hal ini disampaikannya setelah membahas mengenai demografi Indonesia dan rencana pengembangan 10 Bali baru.

Hanya saja, Erick belum bisa menjabarkan lebih lanjut terkait dengan informasi ini, namanya juga kejutan.

"Makanya Pak Jokowi bilang ada 10 Bali baru. Dan saya ga bisa bilang lebih panjang, ada surprise dari Pak Jokowi awal tahun depan yang ga bisa saya sampaikan sekarang," kata Erick dalam sebuah acara diskusi virtual, Kamis (2/7/2020).


Pernyataan Erick ini disampaikan dalam konteks rencana pemerintah membangun infrastruktur dan menata demorafi. Dia mengungkapkan, kondisi demografi Indonesia harus mengalami perubahan, sebab saat ini demografi masih terpusat di Pulau Jawa.

Untuk itu perlu dilakukan pembangunan di pulau-pulau lainnya seperti di Sumatera dan daerah lainnya.

Pemindahan ibu kota, meski dinilai tidak populer, namun ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menyebarkan demografi penduduk.

Selain itu, dia menyebut urbanisasi di Indonesia juga harus ditata ulang sebab kota-kota besar yang ada sekarang merupakan kota-kota tua yang sudah ada sejak dulu.

"Urbansiasi di Indonesia harus di mapping, ga mungkin kota Indonesia yang sudah, tua tidak ada lagi pembangunan reinvestment urban, dari urban perkotaannya sendiri," imbuh dia.

Sebagai informasi, proyek pembangunan ibu kota baru terletak Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Proyek ini diharapkan tuntas pada 2024.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading