Jadi Berapa Utang Pemerintah ke Wika & Waskita Karya?

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
01 July 2020 15:33
Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Agung Budi Waskito (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua BUMN konstruksi yakni PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) ternyata memiliki piutang pemerintah. Perusahaan pelat merah ini membeberkan utang pemerintah yang belum terbayar kepada perusahaan, dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono, menyebut piutang dari pemerintah tersebut terkait dengan pembebasan lahan beberapa jalan tol yang nilainya masih sebesar Rp 3,71 triliun.

"Outstanding dana talangan Rp 3,71 triliun di mana ini untuk kepemilikan mayoritas dan minoritas," tutur Destiawan, Rabu (1/7/20).


Rincinya, utang ini merupakan dana talangan yang dibayarkan perseroan dan belum diganti pemerintah untuk proyek tol. Adapun tol yang dimiliki mayoritas sebesar Rp 2,76 triliun dan minoritas Rp 0,95 triliun.

WESKITAFoto: Foto : WESKITA
WESKITA

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito mengaku, utang pemerintah pada perseroan secara total sebesar Rp 59,93 miliar. Angka ini juga merupakan pengadaan sebagian lahan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang.

"Sampai Juni masih terdapat kekurangan pengembalian dana sebesar Rp 59,9 miliar. Tahun 2018 sudah cair Rp 233 miliar, 2019 cair Rp 802 miliar, 2020 cair Rp 174 miliar. Jadi tersisa Rp 59 miliar yang masih dalam tahap verifikasi BPKP [Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan]," tandasnya.

Dia bilang, secara akumulatif untuk pembebasan lahan tol, perseroan telah mengeluarkan total dana Rp 1,27 triliun.

"Kami hanya mengelola satu jalan Tol Serang Panimbang sampai dengan Juni 2020 total dana talangan tanah yang sudah kami keluarkan Rp 1,27 triliun untuk pembebasan lahan proyek Tol Serang Panimbang," urainya.

Jalan tol ini menghubungkan Serang dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung, Banten.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Perkembangan Sidang Kasus Jiwasraya


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading