Rupiah Boleh Menguat Hari Ini, Besok? Entah...

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
30 June 2020 09:15
Dollar-Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Ilustrasi Dolar AS dan Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot. Namun jangan lengah, karena penguatan hari ini mungkin hanya oase kecil di tengah gurun pasir yang luas dan belum terlihat di mana ujungnya.

Pada Selasa (30/6/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.150 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan depresiasi 0,14% di hadapan dolar AS. Pelemahan tersebut membuat rupiah terdepresiasi selama tiga hari perdagangan beruntun terhadap mata uang Negeri Paman Sam. Selama tiga hari itu, pelemahan rupiah adalah 0,64%.


Oleh karena itu, rupiah punya ruang untuk mencatatkan technical rebound. Rupiah yang sudah 'murah' kembali menarik di mata investor sehingga mata uang Ibu Pertiwi seksi lagi.

Sepertinya ini pula yang terjadi di pasar saham New York. Dini hari tadi, indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) melonjak 2,32%, S&P 500 terdongrak 1,47%, dan Nasdaq Composite melesat 1,2%.

Mirip-mirip dengan rupiah, Wall Street juga sudah terkoreksi parah akhir-akhir ini. DJIA, misalnya, walau hari ini menguat tajam tetapi dalam sepekan terakhir masih terkoreksi 2,14% secara point-to-point. Bisa dibayangkan betapa dalamnya pelemahan DJIA sehingga lonjakan di atas 2% belum bisa menalangi.

Kota Leicester Lockdown Lagi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading