Fajrin Jadi Direktur Digital Business Telkom, Dirut Tetap

Market - Syarizal Sidik, CNBC Indonesia
19 June 2020 13:47
Muhammad Fajrin Rasyid, Co-Founder and President, Bukalapak (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan Pendiri sekaligus Presiden Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid, menjadi Direktur Digital Business perseroan. Fajrin akan menggantikan Faizal R. Djoemadi yang sebelumnya menjabat posisi tersebut.

"Benar Fajrin jadi Direktur Digital Telkom," kata sumber CNBC Indonesia yang tidak bersedia disebutkan namanya. 

Sementara, posisi Direktur Utama Telkom masih akan dijabat oleh Ririek Adriansyah. Telkom sendiri akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada pukul 14.00 siang hari ini. Selain pembagian dividen, yang menjadi pusat perhatian publik dalam RUPST Telkom hari ini adalah perubahan susunan pengurus perseroan.


Fajrin Rasyid adalah figur yang disebut-sebut Menteri BUMN Erick Tohor sebagai salah satu kandidat direksi Telkom di bawah 40 tahun. Fajrin akan jadi direksi milenial pertama di BUMN telekomunikasi ini.

Pria yang berusia 34 tahun ini lahir di Jakarta. Ia menempuh pendidikan sarjana di Institute Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Informatika.

Mengutip LinkedIn, Kamis (18/6/2020) usai lulus dari ITB, karir pertamanya adalah sebagai konsultan di Boston Consulting Group, Ia bertanggung jawab untuk memberikan masukan soal industri di Asia Tenggara. Ia berkarir di sana selama 1 tahun 6 bulan.


Setelahnya, ia memilih mundur dan mendirikan startup Bukalapak bersama dengan Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, teman kuliahnya di ITB.Tiga sekawan ini kemudian berhasil membesarkan Bukalapak dan menarik investor global dan lokal untuk menyuntikkan dana.

Sabtu lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir membocorkan ihwal keputusan yang akan diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Menurut dia, salah satu direksi yang akan dipilih merupakan generasi muda atau berusia di bawah 40 tahun.

"Makanya nanti Telkom salah satu direksinya, bocoran ini, salah satu direksinya berusia di bawah 40 tahun," kata Erick dalam diskusi virtual, 13 Juni 2020.

Jajaran direksi Telkom hingga sebelum RUPS hari ini:

  • Ririek Adriansyah, Direktur Utama
  • Harry M. Zen, Direktur Keuangan
  • Siti Choiriana, Direktur Consumer Service
  • Zulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution
  • Faizal R. Djoemadi, Direktur Digital Business
  • Achmad Sugiarto, Direktur Strategic Portfolio
  • Edwin Aristiawan, Direktur Wholesale & International Service ("WINS")
  • Edi Witjara, Direktur Human Capital Management ("HCM")
  • Bogi Witjaksono, Direktur Enterprise & Business Service

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading