Erick Siapkan Direksi Milenial, Berapa Usia Direksi Telkom?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
19 June 2020 09:30
rups telkom
Foto: CNBC Indonesia/Tito Bosnia

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akan melaksanakan Rapat Umum Pemegangan Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat siang ini (19/6/2020).

Salah Satu agenda yang banyak menjadi perhatian publik dan investor pasar saham adalah figur direksi milenial yang disebut-sebut Menteri Bandan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan besaran dividen yang akan dibagikan.

Erick, pada akhir pekan lalu mengatakan akan menempatkan kalangan milenial sebagai direksi di perusahaan BUMN diharapkan bisa menjadi langkah perubahan di perusahaan-perusahaan pelat merah. Ini menjadi langkah untuk membangun talenta muda calon pemimpin selanjutnya.


"Saya percaya perubahan ini dari generasi muda, makanya Telkom sendiri bocoran nih, salah satu direksinya di bawah 40 tahun," kata Erick, Sabtu (13/6/2020).

Namun Erick enggan untuk menjelaskan siapa calon direksi baru dari kalangan milenial ini. Erick juga berjanji bahwa direksi BUMN juga akan lebih banyak diisi oleh perempuan ketimbang dengan saat ini yang mayoritas diisi oleh pria dan akan memberikan porsi 15% untuk perempuan bisa mengisi posisi tersebut.

Belakangan beredar kabar salah satu calon direksi Telkom yang disebutkan usianya akan berada di bawah 40 tahun adalah Muhammad Fajrin Rasyid yang saat ini merupakan Presiden Bukalapak.

CNBC Indonesia mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Alex Denni. Alex hanya memberikan jawaban singkat namun tidak membenarkan atau menampik pertanyaan tersebut.

"Tunggu RUPS aja ya hari Jumat," kata Alex melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/6/2020).

Saat ini jajaran direksi Telkom diisi oleh sembilan orang, di mana posisi direktur utama dijabat oleh Ririek Ardiansyah, yang saat ini berusia 56 tahun.

Rentang usia direksi Telkom saat ini pada kisaran 47 tahun hingga 58 tahun. Direktur termuda Telkom saat ini adalah Edi Witjara, Direktur Human Capital Management dan direktur tertua dijabat oleh Zuhelfi Abidin, yang menjabat direktur Network & IT Solution. 

Berikut ini susunan lengkap dan usia direktur Telkom yang dilansir dari halaman resmi website perseroan:

Ririek Adriansyah
Direktur Utama
Lahir : Yogyakarta, 2 September 1963 (56)

Harry M. Zen
Direktur Keuangan
Lahir : 9 Januari 1969. (51)

Siti Choiriana
Direktur Consumer Service
Lahir : Magetan, 28 Mei 1970 (50)

Zulhelfi Abidin
Direktur Network & IT Solution
Bukittinggi, 01 Januari 1962. (58)

Faizal R. Djoemadi
Direktur Digital Business
Lahir : Blitar, 12 Desember 1967 (53)

Achmad Sugiarto
Direktur Strategic Portfolio
Lahir : Jakarta, 22 Agustus 1965 (54)

Edwin Aristiawan
Direktur Wholesale & International Service ("WINS")
Lahir : Surabaya, 14 Oktober 1969 (50)

Edi Witjara
Direktur Human Capital Management ("HCM")
Lahir : Kediri, 17 November 1972 (47)

Bogi Witjaksono
Direktur Enterprise & Business Service
Lahir : Surabaya, 08 Februari 1967 (53)

Lalu, bagaimana Fajrin Rasyid, pria yang baru berusia 34 tahun ini lahir di Jakarta. Ia menempuh pendidikan sarjana di Institute Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Informatika.

Mengutip LinkedIn, Kamis (18/6/2020) usai lulus dari ITB, karier pertamanya adalah sebagai konsultan di Boston Consulting Group, Ia bertanggung jawab untuk memberikan masukan soal industri di Asia Tenggara. Ia berkarir di sana selama 1 tahun 6 bulan.


Setelahnya, ia memilih mundur dan mendirikan startup Bukalapak bersama dengan Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, teman kuliahnya di ITB.Tiga sekawan ini kemudian berhasil membesarkan Bukalapak dan menarik investor global dan lokal untuk menyuntikkan dana.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading