BI Turunkan Bunga Acuan, Koreksi IHSG Mulai Berkurang

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
18 June 2020 14:43
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) sudah keluar. Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga BI Seven Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) dari 4,5% ke level 4,25% sesuai dengan konsensus yang dihimpun oleh CNBC Indonesia.

Dengan penurunan suku bunga ini tentu menjadi stimulus positif tersendiri bagi pasar modal domestik, karena dengan turunnya suka bunga ini akan menyebabkan jumlah uang beredar meningkat dan tentunya akan meningkatkan dana yang masuk ke pasar modal pula.

Menyambut kabar gembira ini nampaknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mulai bergerak naik walaupun belum signifikan. Sebelum pengumuman tersebut terpantau IHSG turun 0,28% di level 4.973,23.


Akan tetapi pada 14:30 WIB setelah kepastian penurunan suku bunga oleh BI, IHSG terpantau merambat naik mencoba keluar dari zona merah dengan penurunan sebesar 0,16% di angka 4.980,12.

Koreksi IHSG hari ini sendiri karena banyaknya sentimen negatif yang datang dari luar negeri seperti ketakutan akan munculnya serangan pandemi virus Covid-19 jilid 2 di China dan tegangnya tensi semenanjung Korea.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading