Morgan Stanley Sarankan Borong Saham RI, Ini Alasannya

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
17 June 2020 10:35
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank investasi global Morgan Stanley (MS) dalam kajian strategi terbarunya memberikan rating Overweight (OW) saham-saham RI. Dalam laporannya, MS memperkirakan ekonomi Indonesia bisa pulih ke level sebelum krisis pada kuartal I-2021.

Dengan mempertimbangkan dampak dari pandemi corona yang saat ini masih merebak bank investasi asal Amerika Serikat (AS) itu memberikan rating Under-Weight (UW) untuk saham-saham di negara emerging market.

Untuk lingkup Asia/EM, MS lebih memilih saham-saham Jepang karena menawarkan Dividen per Saham (DPS) dan Laba per Saham (EPS) yang lebih defensif serta kuatnya neraca keuangan emiten-emiten Negeri Sakura.


Meskipun EM mendapat rating UW dari MS, Indonesia malah mendapatkan upgrade rating menjadi OW. Bersama Indonesia ada Yunani yang juga mendapat rating OW. Sementara itu pasar saham yang mendapat rating UW dari MS antara lain Arab Saudi, Mexico dan Rusia.

MS juga menyoroti ekonomi Indonesia bisa pulih ke level sebelum krisis pada kuartal I-2020 dan termasuk ke dalam kelompok yang periode pemulihannya cepat di antara negara-negara Asi ex Japan (AxJ) lainnya.

Periode Pemulihan Ekonomi ke Sebelum Krisis

Periode Pemulihan Ekonomi ke Sebelum Krisis

Ekonomi Indonesia yang bertumpu pada konsumsi domestik dan proporsi ekspor yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan negara AxJ lainnya membuat ekonomi Indonesia bisa pulih lebih cepat karena kurang terpapar langsung terhadap resesi global. Namun proyeksi ini menggunakan asumsi jika wabah mencapai puncaknya pada kuartal kedua tahun ini. 

MS juga menyoroti investasi di instrumen utang di Indonesia masih menawarkan yield yang menarik. Lebih lanjut MS memperkirakan posisi rupiah akan terus menguat di bawah Rp 14.000/US$ di tahun ini.

Tim Riset CNBC Indonesia


[Gambas:Video CNBC]

(twg/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading