Nicke Jadi Dirut, Erick: Target 2 Anak Usaha Pertamina IPO

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 June 2020 14:04
Menteri BUMN Erick Thohir  (Dok. BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan pesan tegas kepada Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati setelah ditetapkan dan melanjutkan jabatan sebagai Dirut Pertamina dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Erick berpesan kepada Nicke bahwa dalam 2 tahun ke depan harus bisa menyiapkan dua anak usaha Pertamina untuk melantai di bursa atau menawarkan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Jadi target 2 tahun ke depan Ibu Nicke Direktur Utama bisa go public kan 1-2 sub-holding jadi bagian transparansi, akuntabilitas supaya jelas," kata Erick dalam sambutan virtualnya, usai RUPS Pertamina di Jakarta, Jumat (12/6/2020).


Erick mengatakan, dalam menentukan jajaran direksi dan komisaris Pertamina menunjuk tim independen. Dengan pemilihan berdasarkan tim independen tersebut, diharapkan bisa membawa perubahan signifikan bagi perusahaan minyak nasional ini.

Kementerian BUMN baru saja menuntaskan RUPST Pertamina. Melalui rapat virtual yang digelar pada pukul 10.00 WIB pagi tadi, diputuskan bahwa susunan direksi Pertamina dipangkas separuh dari 11 direksi menjadi 6 direksi termasuk direktur utama. Sementara susunan komisaris tetap.

Berikut adalah susunan baru direksi Pertamina di RUPS hari ini:

  • Direktur Utama Nicke Widyawati

  • Direktur Penunjang Bisnis M Haryo Yunianto

  • Direktur Keuangan Emma Sri Martini

  • Direktur Sumber Daya Manusia Koeshartanto

  • Direktur Logistik Mulyono

  • Direktur Strategi Iman Rachman


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading