Saham Bank Gokil, BTN +11%, Mandiri +5% & BCA +5%

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
03 June 2020 10:01
Infografis, Saham Bank RI Terbang Tinggi Foto: Infografis/Saham Bank RI/Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham yang bergerak di sektor perbankan nampaknya belum berhenti menanjak setelah hari ini indeksnya kembali naik 3,92%. Kenaikan ini melanjutkan reli panjang saham di sektor perbankan selama 7 hari berturut-turut.

Reli panjang ini dikarenakan oleh efek akan dibukanya kembali perekonomian Indonesia dalam waktu dekat, bahkan sebelum rencana pemerintah tersebut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah terlebih dahulu memberikan sentimen positif dengan mengeluarkan kebijakan lanjutan dengan merelaksasi ketentuan di sektor perbankan guna lebih memberikan ruang likuiditas dan permodalan perbankan sehingga stabilitas sektor keuangan tetap terjaga di tengah pelemahan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19.

Semenjak munculnya kedua isu tersebut saham yang menjadi tulang punggung Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) itu terus naik tinggi. Indeks JKBANK15 sendiri sejak awal pekan lalu sudah reli 21,35%.

Kenaikan paling pesat diantara saham perbankan besar pada hari ini masih terjadi di saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang terbang 11,35% ke level harga 875/saham melanjutkan kenaikan kemarin, setelah Peraturan Pemerintah (PP) BP Tapera yang memiliki mitra utama BTN ditandatangani Presiden.

Selain itu terdapat bank pelat merah lain yang mencatatkan kenaikan yang pesat yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang harga sahamnya naik 6,71% ke level harga Rp 4.950/saham setelah dibeli bersih asing sebanyak Rp 42 miliar.

Selain itu anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) lain PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencatatkan kenaikan tipis sebesar 0,31% ke level harga Rp 3.190/unit.

Saham bank dengan asset terbesar di Indonesia ini juga tercatat sebagai saham kedua yang paling banyak dibeli bersih asing pagi ini. Investor asing melakukan net buy di saham ini sebesar Rp 73 miliar. Selama seminggu terakhir sendiri saham BBRI sudah diborong asing sebanyak Rp 1,57 triliun.



Kenaikan yang serupa juga terjadi di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang harga sahamnya terapresiasi 3,02% berhasil menembus level psikologis 4.000 rupiah yaitu di level harga Rp 4.090/unit. Akan tetapi BBNI tercatat asing melakukan penjualan bersih di saham ini sebanyak Rp 4 miliar.

Saham bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga naik 5,22% ke harga Rp 28.200/unit. BBCA juga menjadi saham yang paling banyak dibeli asing hari ini dengan total net buy sebesar Rp 255 miliar.

Sedangkan bank swasta lain yang mencatatkan kenaikan cukup pesat yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang harga sahamnya melonjak 4,44% ke level harga Rp 705/unit.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Begini Penampakan Bursa, Saat IHSG Menguat Hampir 10%


(trp/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading