Sampai Warren Buffett Ikut Jual Saham Bank, Ada Apa?

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
15 May 2020 11:26
Warren Buffet

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam minggu ini, anak usaha perusahaan investasi Berkshire Hathaway milik investor kondang Warren Buffett menjual sebagian kepemilikanya di saham U.S Bancorp (USB), Seperti dikutip dari www.barrons.com.

Menurut laporan sang Suhu dari Omaha ke Securities and Exchange Commission (SEC) Berkshire Hathaway menjual 497.786 saham perusahaan yang bergerak di bidang perbankan ini pada tanggal 11 dan 12 May 2020. Kepemilikan Hathaway di perusahaan ini tinggal 150.5 juta saham.

Karena penjualan ini kepemilikan saham Hathaway di U.S Bancorp turun di bawah 10% maka dari itu Hathaway tidak perlu lagi melaporkan penjualan ataupun pembelian saham USB ke SEC.


Diketahui menurut peraturan dari SEC apabila seseorang atau suatu entitas perusahaan memiliki saham di suatu perusahaan publik berjumlah lebih dari 10% maka mereka wajib melaporkan setiap transaksi penjualan ataupun pembelian saham tersebut ke SEC. Di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga terdapat peraturan yang sama, akan tetapi di BEI angka ini lebih rendah yaitu 5%.

Dengan jumlah kepemilikan Hathaway di saham USB yang turun ini di bawah 10%, kini mereka bisa melakukan manuver-manuver di saham ini tanpa diketahui oleh publik. Hathaway hanya perlu melaporkan kepemilikan mereka pada akhir periode.

Harga saham U.S. Bancorp sendiri sangat terpukul setelah terkena efek pandemi Corona. Pada hari Kamis (4/15/2020) saham ini ditutup di harga $31,17 turun 47,43% secara tahun berjalan. Sebagai perbandingan indeks S&P 500 'hanya' turun 11,71% selama tahun berjalan.



[Gambas:Video CNBC]




TIM RISET CNBC INDONESIA


(trp/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading