Bingung Cari Saham di Tengah Corona? 3 Sektor Ini Bisa Cuan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 April 2020 14:56
Ilustrasi Bursa, Pergerakan Layar IHSG di Gedung BEI Bursa Efek Indonesia  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi saham masih terus tertekan dalam beberapa minggu terakhir sebagai dampak dari terjadinya pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat investor harus pandai-pandai dalam menempatkan asetnya untuk diinvestasikan dan tak jarang untuk memilih instrumen yang safe haven ketimbang dengan berinvestasi di saham yang lebih fluktuatif.

Namun demikian, berinvestasi di saham juga bisa menguntungkan di tengah pandemi ini jika investor bisa memilih sektor yang mendapatkan keuntungan di tengah kondisi saat ini.




Executive Director Head of Indonesia Research & Strategy JPMorgan Henry Wibowo mengatakan setidaknya ada tiga sektor yang saat ini bisa mendulang keuntungan atau cuan.

"Sektor consumer, communication services dan energy. Jadi ini tiga terbaik dari kami untuk investor yang ingin melakukan investasi di Indonesia," kata Henry, dikutip Minggu (26/4/2020).

Dia memaparkan, sektor konsumer saat ini mengalami peningkatan karena tingginya tingkat permintaan. Sedangkan sektor telekomunikasi mengalami kenaikan demand layanan internet.

Sedangkan di sektor energi, berkaitan dengan perusahaan penyedia layanan data.

"Apalagi perusahaan energi yang income-nya di dolar Amerika Serikat (AS), namun cost-nya pakai Rupiah. Ini jadi lebih diuntungkan dari sisi margin perusahaan," imbuhnya.

Adapun secara kumulatif, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejak awal tahun hingga Jumat (24/4/2020) telah mengalami koreksi hingga 28,63%. Investor asing juga mencatatkan jual bersih (net sell) dengan nilai mencapai Rp 17,57 triliun di periode yang sama.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading