Ramai Work From Home, Traffic Data Telkomsel & XL Meroket

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
15 April 2020 13:36
Trafik Layanan Data Telkomsel (dok. Telkomsel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi berkah bagi emiten telekomunikasi karena kebijakan bekerja dan belajar dari rumah (work from home/WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah daerah.

Hal ini mendorong kenaikan trafik data PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) hingga dua digit.

Telkomsel, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) ini misalnya, mencatatkan kenaikan traffic data layanan broadband hingga 16%.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, lonjakan traffic komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) yang meroket lebih dari 5.404%.


Selain itu, kata Setyanto, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring naik lebih dari 443%. Adapun, trafik komunikasi layanan media sosial seperti WhatsApp, Line, dan Telegram naik sebesar 40%, dan game meningkat sebesar 34%.

"Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%," kata Setyanto, Rabu (15/4/2020) di Jakarta.

Emiten telekomunikasi lainnya, XL Axiata mencatatkan kenaikan traffic data sejak diterapkannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

"Terjadi kenaikan trafik data sebesar 15% selama work from home," kata Sekretaris Perusahaan XL Axiata, Tri Wahyuningsih, kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/3/2020).

Sejumlah aplikasi yang menyumbang kenaikan traffic data di antaranya adalah layanan video on demand (VoD), Netflix yang menyumbang kenaikan 50%, aplikasi game Mobile Legend, naik 10%. YouTube naik 5% dan aplikasi pesan singkat WhatsApp naik 10%.

Selain itu, sejumlah aplikasi yang mendukung siswa belajar dari rumah, juga mendorong kenaikan traffic data seperti aplikasi Google Classroom yang meningkat hingga 200% dan Ruangguru yang naik 50%.

Dilihat secara regional, DKI Jakarta mengalami kenaikan sebanyak 6%. Jawa Barat naik sebesar 67%, Jawa Tengah naik 8%. Sementara itu Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 12%.

[Gambas:Video CNBC]





(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading