16 Provinsi & 86 Kota Bikin 'Komando Perang' Lawan Corona

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
31 March 2020 17:06
Sebanyak 7 provinsi dan 41 kabupaten/kota telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah COVID-19 atau virus corona.
Jakarta, CNBC Indonesia- Sebanyak 7 provinsi dan 41 kabupaten/kota telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah COVID-19 atau virus corona. Selain itu, sudah ada 16 provinsi dan 86 kabupaten/kota yang membentuk Gugus Tugas dalam menghadapi wabah corona ini.

"Setiap daerah memiliki cara yang unik dan berinovasi dalam menghadapi COVID-19 ini, dan kita akan tetap konsisten memutus rantai penularan. Ini lah kunci untuk pengendalian dan penghentian penyebaran COVID-19," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Selasa (31/03/2020).

Dia juga meminta meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga jarak dalam komunikasi sosial, serta menghindari kerumunan karena memiliki risiko tinggi pada penularan.


"Putuskan rantai penularan dengan rajin cuci tangan. Sebelum menyentuh wajah, mulut hidung pastikan tangan sudah bersih dengan sabun setidaknya 20 detik," tambahnya.


Sementara itu, jumlah Jumlah kasus positif meningkat 114 orang dalam satu hari. Sampai hari ini, Selasa (31/3/2020/ Pukul 12.00 WIB jumlah kasus positif virus corona mencapai 1.528 kasus.

Ada penambahan satu provinsi yang terjangkit COVID-19 menjadi 32 provinsi. Provinsi itu adalah Bengkulu yang melaporkan ada satu kasus konfirmasi positif virus corona.


Dengan demikian, masih ada dua provinsi di RI yang masih 'bebas' COVID-19, yaitu Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading