WFH Bikin Trafic Data XL Axiata Naik 15%, Terbesar Netflix

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 March 2020 11:19
Kenaikan data selular sepanjang pekan kemarin terutama pada jam 9-12 siang karena banyak pegawai yang bekerja di rumah mengakses jaringan data
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kenaikan traffic data sepekan terakhir setelah diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah dan bejalar dari rumah selama 14 hari.

"Betul ada kenaikan 10-15% selama minggu lalu," terang Sekretaris Perusahaan XL Axiata, Tri Wahyuningsih, saat dikonfirmasi CNBC, Selasa (24/3/2020).

Dalam media uptade yang disampaikan perseroan secara daring melalui Youtube, Senin kemarin (24/3/2020) terjadi perubahan pola kenaikan data selular sepanjang pekan kemarin terutama pada jam 9-12 siang karena banyak pegawai yang bekerja di rumah mengakses jaringan data melalui aplikasi telekonferensi dan pelajar yang mengakses aplikasi belajar dari rumah.



Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menerangkan, sejumlah aplikasi yang menyumbang kenaikan traffic data di antaranya adalah layanan video on demand (VoD), Netflix yang menyumbang kenaikan 50%, aplikasi gim Mobile Legend, naik 10%. YouTube naik 5% dan aplikasi pesan singkat WhatsApp, naik 10%.

"Kebijakan Work from Home baru satu minggu diberlakukan, dalam seminggu kita melihat ada perubahan behavior penggunaan traffic data harian yang naik dari periode minggu sebelumnya," kata Gede Darmayusa.

Selain itu, sejumlah aplikasi yang mendukung siswa belajar dari rumah, juga mendorong kenaikan traffic data seperti aplikasi Google Classroom dan Ruangguru.

"Terjadi kenaikan 200% Gogle Classroom. Ruang Guru naik 50%," kata dia menjelaskan.

Sementara itu, dilihat secara regional, DKI Jakarta mengalami kenaikan sebanyak 6%. Jawa Barat naik sebesar 67%, Jawa Tengah naik 8%. Sementara itu Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 12%.

[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading