Catat! Ini Deretan Saham Penahan IHSG di Tengah Badai Corona

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
15 March 2020 15:26
Sebanyak 90 saham masih membukukan penguatan sepanjang tahun berjalan. Tak ada satupun dari mereka yang masuk jajaran blue chips.

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi hingga 22,1% ke level 4.907,57 pada perdagangan Jumat (13/4/2020), ambrol menembus dua level psikologis sekaligus dari posisi sebelumnya di kisaran 6.000-an.

Namun di tengah situasi buruk tersebut, data PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dikompilasi Tim Riset CNBC Indonesia menemukan ada 90 saham yang masih membukukan penguatan sepanjang tahun berjalan. Tak ada satupun dari mereka yang masuk jajaran blue chips.

Jika dikerucutkan menjadi 20 besar, mayoritas saham tersebut bergerak di sektor manufaktur, mulai dari makanan dan minuman, tekstil, hingga industri dasar dan kimia seperti produsen ban. Ada juga beberapa saham yang bergerak di sektor ritel dan juga perbankan.


Saham PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) menjadi saham dengan kenaikan paling signifikan dari sisi kapitalisasi pasar hingga menyumbang kenaikan IHSG sebesar 2,77 poin sepanjang tahun ini.

Perusahaan yang dikendalikan Grup Sinarmas ini semula bergerak di penambangan batu bara, yang mendiversifikasi usahanya ke pembangkit listrik, perdagangan kimia, dan multimedia. Namun, bisnis batu bara masih jadi penyumbang utama pendapatan dengan porsi 60%. Bisnis pembangkit listrik mengejar dengan porsi 25%.

Jika wabah Corona mengancam beberapa proyek infrastruktur dan rantai pasokan barang (supply chain) karena kendala seretnya pasokan dan aktivitas bisnis di Negeri Panda, maka lain ceritanya dengan proyek perseroan yakni PLTU Kalteng-1 yang berkapasitas 2x100 megawatt (MW).

Pemerintah telah mengizinkan tenaga kerja asing (TKA) asal China untuk tetap masuk dan menggarap proyek-proyek strategis, termasuk proyek kelistrikan Dian Swastatika Sentosa. Dengan kata lain, bisnis pembangkit listrik perseroan sejauh ini tidak terdampak wabah corona.
Saham Pendatang Baru Masih Bagikan Cuan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading