Saham Jatuh 41%, WIKA Siap Buyback Rp 300 M

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
12 March 2020 15:19
PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana melakukan pembelian kembali.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham perseroan yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia. Perseroan mengalokasikan dana hingga Rp 300 miliar atau paling banyak 20% dari jumlah modal disetor.

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, manajemen WIKA menegaskan perseroan telah menunjuk PT Bahana Sekuritas untuk melakukan buyback tersebut dengan periode 13 Maret-13 Juni 2020.

"Dengan asumsi perseroan menggunakan dana untuk buyback sebesar Rp 300 miliar termasuk biaya transaksinya, maka aset dan ekuitas akan menurun sebesar Rp 300 miliar, namun tidak berpengaruh terhadap penurunan pendapatan perseroan," tegas manajemen, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (11/3/2020).


Manajemen WIKA menegaskan buyback diharapkan dapat menjaga stabilitas harga saham di masa yang akan datang karena saat ini harga saham perseroan tidak mencerminkan kondisi fundamental dan prospek perseroan.

"Diharapkan dengan pembelian kembali saham maka saham perseroan dapat memiliki pergerakan harga saham yang positif. Bilamana dana yang dialokasikan untuk buyback telah habis dan/atau jumlah saham yang akan dibeli kembali telah terpenuhi maka perseroan akan mengumumkan penghentian pelaksanaan buyback."

Mengacu data BEI, Kamis sore ini pukul 15.16 WIB, saham WIKA terperosok 16,79% di level Rp 1.165/saham. Secara tahun berjalan atau year to date, saham WIKA ambles 41,46%.

[Gambas:Video CNBC]





(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading