Dow Futures

Bursa AS Bakal Goyang, Futures Wall Street Drop 1.000 poin

Market - Haryanto, CNBC Indonesia
12 March 2020 10:59
Saham AS hancur lebur pada Rabu waktu setempat setelah pidato Trump gagal meredam kekhawatiran perlambatan ekonomi dari virus corona dan masuk ke zona resesi.

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks futures Wall Street hancur lebur pagi ini setelah pidato dari Donald Trump telah gagal meredam kekhawatiran tentang kemungkinan perlambatan ekonomi dari virus corona dan masuk ke zona resesi.

Pada pukul 10:17 ET Rabu malam, Dow Futures turun 1.032 poin yang menunjukkan kerugian 992,22 poin pada pembukaan Kamis. Indeks S&P dan Nasdaq 100 futures juga turun tajam, dengan koreksi masing-masing sebesar 4,89% dan 4,7%.

Amblasnya sejumlah saham global terpicu setelah pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi. Artinya wabah ini telah menginfeksi banyak orang di penjuru dunia dengan laju yang sangat cepat.



Investor terus menyalahkan penyebaran dari virus corona yang mengakibatkan ekonomi menuju jurang resesi. Virus itu, yang kini telah menginfeksi lebih dari 124.000 orang di seluruh dunia dan menewaskan sedikitnya 4.589, mengancam akan mengganggu negara-negara seperti Italia yang telah mengambil tindakan agresif untuk memperlambat penyebarannya.

Sementara itu, rincian stimulus yang dijanjikan Donald Trump yang akan memberikan bantuan keuangan untuk pekerja yang sakit, pelayanan kesehatan dan juga karantina bagi warga terdampak virus.

Tak kunjung datang, hal ini memberikan rasa ketidakpuasan sejumlah investor yang mencari respon fiskal yang lebih kuat untuk mengekang potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Faktor lainnya, yaitu pelaku pasar juga kecewa pada sikap Gedung Putih, dimana sebelumnya Presiden AS Donald Trump mengusulkan Pajak Penghasilan (PPh) nol persen hingga akhir tahun. Tetapi rincian ini juga masih sebatas wacana yang belum terealisasikan.

 

[Gambas:Video CNBC]



 

TIM RSIET CNBC INDONESIA


(har/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading