Internasional

Saudi Bakal Naikkan Produksi Minyak hingga 10 Juta Barel

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
09 March 2020 07:12
Saudi dikabarkan tingkatkan produksi minyak mentahnya.
Jakarta, CNBC IndonesiaArab Saudi berencana meningkatkan produksi minyak mentahnya. Hal ini akan dilakukan mulai April 2020.

Keputusan diambil setelah negara pengekspor minyak OPEC gagal mencapai kata sepakat untuk memangkas produksi minyak dengan Rusia.




"Raksasa minyak negara (BUMN minyak Saudi) Aramco akan meningkatkan produksi minyak mental setelah kesepakatan pemotongan OPEC+ (termasuk Rusia) saat ini berakhir pada akhir Maret," tulis CNBC International mengutip sumber yang berbicara pada Reuters.

Bukan hanya 10 juta (bph), sumber itu juga percaya angka produksi bisa mencapai 11 juta bph. Saat ini negeri itu memproduksi 9,7 juta bph minyak dalam beberapa bulan terakhir.



"Aramco harus memaksimalkan produksinya dan menjual lebih banyak minyak mentah untuk melindungi pangsa pasarnya," kata sumber itu.

Arab Saudi sendiri memiliki kapasitas produksi minyak 12 juta barel per hari. Sehingga memberikan kemampuan untuk meningkatkan produksi dengan cepat.

Harga minyak sempat anjlok karena perkembangan ini. Bahkan, analis khawatir harga minyak akan kembali jatuh, seperti yang terjadi di 2014.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading