Cari Pendanaan Rp 2,5 T, Jasa Marga Sekuritisasi Tol JORR

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 March 2020 16:44
Target dana yang dihimpun dari sekuritisasi ini mencapai Rp 2,5 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengelola jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berencana melakukan sekuritiasasi aset dengan menjaminkan ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Selatan. Target dana yang dihimpun dari sekuritisasi ini mencapai Rp 2,5 triliun.

Corporate Secretary Jasa Marga, Agus Setiawan membenarkan, saat ini perseroan sedang memproses perijinan di Otoritas Jasa Keuangan terkait penerbitan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Efek Beragun Aset (EBA) Syariah yang akan diluncurkan pada semester pertama. Dalam penerbitan KIK EBA kedua ini, perseroan menunjuk PT Mandiri Manajemen Investasi sebagai manajer investasi.


Sederhananya, Efek Beragun Aset (EBA) ialah efek atau surat berharga yang terdiri dari sekumpulan aset keuangan berupa tagihan yang timbul dari surat berharga komersial seperti tagihan kartu kredit, pemberian kredit, termasuk kredit pemilikan rumah, kredit mobil, efek bersifat utang yang dijamin pemerintah, dan arus kas. Dalam prosesnya, kreditor awal (originator) mengalihkan aset keuangannya kepada para pemegang EBA.


"Untuk penerbitan KIK EBA Semester 1 ini, akan dibantu oleh manajer investasi, tidak menggunakan underwriter. Saat ini masih proses perijinan di OJK," kata Agus Setiawan saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (5/3/2020).


Dalam kesempatan terpisah, Direktur Mandiri Investasi Endang Astharanti membenarkan terkait kerja sama dengan PT Jasa Marga Persero Tbk (JSMR) terkait penerbitan KIK EBA syariah pertama di Indonesia setelah dua tahun sebelumnya, pada perusahaan yang sama menerbitkan KIK EBA konvensional dengan aset yang dijaminkan ruas tol jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

"Benar, tadi kerja sama dengan Jasa Marga, sekuritisasi underlying jalan tol JORR Selatan," kata Endang Astharanti, Direktur Mandiri Investasi di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Sekuritisasi aset ini, kata dia, berupa hasil dari penjualan tiket di ruas tol tersebut selama beberapa tahun tahun ke depan yang hasilnya akan digunakan oleh emiten bersandi JSMR ini untum melakukan pembiayaan jalan tol yang lain.


[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading