Economic Outlook 2020

CT: Indonesia Punya Virus Baru, Virus Jiwasraya

Market - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
26 February 2020 10:42
CT sebut kasus Jiwasraya ibarat virus bagi ekonomi Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia- Chairman dan Founder CT Corp Chairul Tanjung bicara tentang kondisi ekonomi global dan dalam negeri di acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2020. Menurutnya salah satu yang harus diwaspadai di dalam negeri adalah skandal dan kasus Jiwasraya.

"Sekarang kita di tanah air mendapatkan virus baru yang namanya virus Jiwasraya," kata Chairul Tanjung yang biasa disapa CT ini dalam sambutannya di CNBC Indonesia Economic Outlook 2020, di Ritz Carlton, SCBD, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, Jiwasraya seperti virus karena masalahnya berkembang menjadi masalah lain.


Ia meyakinkan, Indonesia sebagai bangsa besar semestinya bisa melewati tantangan dan krisis tersebut. "Di era pimpinan Jokowi yang kedua, masalah yang kita hadapi harus mampu kita atasi. Apalagi ini merupakan periode kedua pemerintahan, tentu sudah piawai dan banyak hal yang akan lebih baik yang bisa kita hadapi," kata Chairul.



Chairul pun berharap selain menghadapi ketidakpastian, ke depannya juga akan banyak hal baik yang dihadapi Indonesia.

Sebelumnya, ia memaparkan pada 2020 pasar menduga-menduga dan mencari tahu kondisi tahun ini. Sebelumnya dunia pada 2019 melewati masa ketidakpastian seperti perang dagang, Brexit, disrupsi teknologi, dan perubahan iklim.

Tapi itu semua berubah jadi kecemasan dengan dimulai oleh sesuatu yang tak diduga banyak orang yaitu munculnya virus corona.

Virus corona tak hanya menyebar di China tapi sudah ke banyak negara, bahkan kini terjadi kondisi darurat di Korsel, Iran, hingga Italia. Kondisi dunia makin cemas karena corona telah berubah dari lokal endemik menjadi global pandemik.

"Ini sesuatu yang harus diantisipasi ke depan. Dunia ketidakpastian menjadi kecemasan. Majalah The Economist menyampaikan market dalam kondisi kecemasan masyarakat cemas apa yang akan terjadi," katanya.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading