Waskita Toll Road Bakal Lepas 4 Ruas Tol Tahun Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
20 February 2020 10:43
Empat ruas yang akan dilepas sebagian adalah bagian dari proyek Trans Jawa
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Waskita Toll Road menyampaikan rencana divestasi atas empat ruas tol yang dikelola perseroan pada tahun ini.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road WTR) Herwidiakto menyampaikan, perseroan masih melakukan kajian terhadap divestasi empat ruas tol. Namun, dirinya enggan membeberkan, berapa target dana yang akan dihimpun dari divestasi 4 ruas tol anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ini.

Empat ruas yang akan dilepas sebagian adalah bagian dari proyek Trans Jawa, antara lain ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, serta Pasuruan-Probolinggo.


Sementara satu opsi lainnya masih dikaji antara ruas tol Medan-Kualanamu, Semarang Batang, atau Pemalang-Batang. "[Divestasi] masih digodok ya, minimal 4 ruas tol," kata Herwidiakto kepada CNBC Indonesia, Kamis (20/2/2020).


Sebelumnya, Waskita Toll Road melepas kepemilikan 40% di ruas Solo-Ngawi yang dioperasikan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) dan 40% saham di ruas Tol Ngawi-Kertosono- Kediri (PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri/JNK) ke Kings Key Limited, investor asal Hong Kong. Dari divestasi dua ruas ini, perseroan meraih dana Rp 2,5 triliun.

"Ini kan bisa dipake buat muter lagi, kalo kita return (kelola) 18 atau 16 tol sekarang. Berhenti nih. Jalan di tempat. Siapa yang mau support target pemerintah, 2500 (Km) panjang, kalo kita udah ga punya duit gimana nambah tol," kata Herwidiakto usai penandatanganan Akta Jual Beli dengan Kings Key Limited di Jakarta, Rabu (18/12/2019).


Herwidiakto mengakui, nilai revenue yang didapat dari total 18 tol keseluruhan pun tidak mampu untuk menutupi utang serta membiayai proyek perusahaan ke depan. Karenanya, perusahaan sudah merencanakan untuk mendivestasi 4 ruas tol.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading