Dari Pemuncak Klasemen, Rupiah Melorot ke Peringkat 3 Dunia

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 February 2020 14:05
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada bulan pertama 2020, rupiah terlihat begitu perkasa bahkan menjadi mata uang terbaik dunia. Namun menjalani Februari, keperkasaan rupiah mulai mengendur.

Secara year-to-date, rupiah memang masih menguat 1,6% di hadapan dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah pun masih menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terbaik di dunia, not bad lah.


Akan tetapi kalau melihat pada Januari penguatan rupiah sempat di atas 2%, performa rupiah saat ini tentu kurang ciamik. Bahkan rupiah sudah tergusur ke peringkat ketiga, di bawah pound Mesir dan peso Meksiko.



Refinitiv

Pada awal tahun, investor bersuka-cita karena AS-China berhasil meneken perjanjian damai dagang Fase I. Ada harapan perang dagang yang membuat rantai pasok global nyaris lumpuh selama hampir dua tahun akhirnya selesai.

Prospek pemulihan pertumbuhan ekonomi dunia tentu membuat investor bergairah. Hasilnya arus modal deras mengalir ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Rupiah pun menikmati berkahnya dengan menguat tajam.



Corona Mengubah Segalanya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading