Gara-gara Corona, Rupiah Terlemah Kedua di Asia!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
28 January 2020 10:35
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah di kurs tengah BI. Rupiah juga merana di perdagangan pasar spot.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga merana di perdagangan pasar spot.

Pada Selasa (28/1/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 13.647. Rupiah melemah 0,26% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Sementara di pasar spot, rupiah juga masih terjebak di zona merah. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 13.645 di mana rupiah melemah 0,33%.


Rupiah sudah melemah kala pembukaan pasar, tetapi tipis saja di 0,07%. Seiring perjalanan, depresiasi rupiah semakin dalam.


Rupiah tidak sendirian di jalur merah. Berbagai mata uang utama Asia juga tidak berdaya di hadapan greenback. Bahkan yen Jepang pun melemah, padahal mata uang Negeri Matahari Terbit ini berstatus sebagai aset aman (safe haven).

Akan tetapi, rupiah agak 'spesial'. Pelemahan 0,33% sudah cukup untuk membuat rupiah menjadi mata uang terlemah kedua di Benua Kuning, hanya unggul dari ringgit Malaysia.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 10:05 WIB:

 



Pasar Cemaskan Corona
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading